Guru MAN 1 Pringsewu Sukses Jadi Petugas Upacara HAB 75 Kemenag

06 Januari 2021, 10:29 WIB

Pringsewu, Pada momentum upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke 75 Kementerian Agama RI tingkat Kabupaten Pringsewu, para guru Madarasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pringsewu sukses mengemban amanat sebagai petugas upacara yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu di Lapangan Pemda Pringsewu, Selasa (5/1).

Ada 9 tugas yang diamanatkan pada guru dan siswa MAN 1 Pringsewu yakni pengibar bendera, perwira, komandan, komandan pleton, pembaca UUD, Kode Etik Pegawai, Panca Prastya Korpri, paduan suara, dan pembawa acara.

“Terimakasih kepada petugas yang telah menjalankan tugas dengan baik. Jazakumullah ahsanal jaza,” kata Kepala MAN 1 Pringsewu H Almadi, Rabu (6/1/2021).

Suksesnya para petugas ini tak lepas dari latihan yang serius dalam gladi bersih yang dilakukan sehari sebelumnya. Pada gladi tersebut, seluruh petugas berkolaborasi memadukan rangkaian-rangkaian agenda upacara sehingga membentuik formasi yang sempurna.

Saat pada hari H pelaksanaan, kondisi cuaca juga sangat mendukung. Selama pelaksanaan upacara, cuaca sangat sejuk. Matahari tidak bersinar terik ditambah semilir angin yang menjadikan seluruh peserta khusyuk mengikuti upacara.

Pelaksanaan upacara HAB yang dipimpin langsung Bupati Pringsewu KH Sujadi ini dilakukan dengan jumlah peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan. Peserta yang mengikuti upacara hanya ASN Kemenag yang ditunjuk.

Selain membacakan pesan sambutan Menteri Agama, Bupati Pringsewu KH Sujadi yang memimpin upacara tersebut berharap kepada pegawai ASN Kementerian Agama agar garda terdepan dan contoh yang baik dalam pengamalan agama dan nasionalisme. Ia juga berharap para ASN Kemenag untuk selektif dalam menerima informasi yang beredar khususnya di media sosial terkait perkembangan pemahaman keagamaan dan dinamika yang terjadi di tengah masyarakat.

“Saya berharap ASN Kemenag selektif terhadap informasi yang berkembang khususnya di media sosial. Pilih berita yang sahih dan menumbuhkan kondusivitas kehidupan,” harapnya.

Selain ditandai dengan upacara, HAB Kemenag di Kabupaten Pringsewu juga diwarnai dengan penanaman pohon di lingkungan Kantor Kementerian Agama yang berada di Komplek Perkantoran Pemerintah daerah Kabupaten Pringsewu. Bupati dan jajaran Forkopimda melakukan penanaman berbagai jenis tanaman buah. (Muhammad Faizin)

Berita Terkait