Menag Sosialisasikan 3 Matra, Pada Pembinaan ASN Kemenag Provinsi Lampung

15 Januari 2021, 00:00 WIB

Lampung Utara (Humas). Kamis, 14 Januari 2021. Dalam rangka mencanangkan Kementerian Agama Baru, serta mensosialisasikan Tiga Matra Utama yang meliputi Pelayanan, Moderasi dan Persaudaraan kepada jajaran Kementerian Agama mulai dari tingkat Pusat, Provinsi, hingga ke Kabupaten/Kota ke seluruh wilayah Indonesia, hari ini, Kamis, 14 Januari 2021,  Menteri Agama Republik Indonesia Bapak H. Yaqut Cholil Qoumas melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung. Kamis, 14 Januari 2021.

“Tiga Matra ini jika diturunkan menjadi program maka akan menjadi banyak sekali. Oleh karena itu, kita akan bekerja keras agar seluruh jajaran dapat melayani masyarakat. Baik pelayanan dalam bidang pendidikan, umat beragama, serta tata kelola birokrasi,” Ucap Menteri Agama.

Lanjut Menteri Agama, moderat ialah memegang teguh keyakinan yang kita miliki namun juga tidak boleh diskriminatif. Serta persaudaraan yang terbagi lagi menjadi tiga matra, yaitu Ukhuwah Islamiyah, Wathoniyah, dan Ukhuwah Insaniyah.

“Kunci terpentingnya adalah bagaimana kita mampu memanusiakan manusia. Mari kita bersama-sama mendedikasikan hidup, karir, dan waktu untuk kejayaan bangsa ini. Semoga pertemuan pada hari ini dapat menjadi awal dari semua perbaikan yang akan kita lakukan di masa yang akan datang,” Ujaar Menag.

Dalam sambutanya pada acara  Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung serta Silaturahmi dengan Tokoh Lintas Agama Provinsi Lampung yang bertempat di Aula Pepadun Kanwil Kemenag provinsi Lampung, pada hari Kamis, 14 Januari 2021, Menag mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa silaturahmi dengan para ASN dan sejumlah tokoh lintas agama di Provinsi Lampung.

"Kesempatan ini sebaiknya juga kita manfaatkan untuk berdoa agar pandemi segera berlalu supaya kita dapat beraktivitas seperti sedia kala. Selain itu, saya perlu menjelaskan mengenai vaksinasi yang menunjukkan bahwa pemerintah tidak main-main mengurus rakyatnya serta dalam rangka bukti kecintaan pemerintah kepada warga negaranya," Ucap Menag.  

Selanjutnya, H. Yaqut Cholil Qoumas mengajak semua pihak untuk memahami dengan benar makna dan fungsi agama. Yaitu agama sebagai sumber inspirasi kebaikan, karena dalam sejarahnya agama bisa digunakan untuk menciptakan perdamaian atau menjadi sebab konflik dan peperangan.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung dalam sambutannya menyamapaikan tentang program unggulan yang telah dicanangkan dalam rangka mendukung tugas dan fungsi Kemenag di Provinsi Lampung. Yakni penguatan moderasi beragama kepada seluruh ASN Kemenag, Siswa Madrasah / Santri Pondok Pesantren, Ormas Keagamaan, serta seluruh elemen masyarakat.

Turut hadir pada acara tersebut diantaranya, Staf Khusus Menteri Agama RI, seluruh Pejabat pada Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Para Tokoh Agama serta Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Plt.Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (H. Erwinto, M.Kom.I) yang juga ikut pada acara Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut, mengatakan kunjungan kerja oleh Bapak Menteri Agama RI ke Provinsi Lampung dapat memberikan spirit dan motivasi para ASN di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Lampung. Dan apa yang telah disampaikan oleh Bapak Menteri Agama dalam sambutannya tadi, mengenai sosialisasi Tiga Matra Utama diantaranya mengenai Pelayanan, Moderasi dan Persaudaraan, semoga kedepannya dapat kami cepat sosialisasikan kepada para ASN Kementerian Agama khususnya di Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara. (Rd/Sry).

Berita Terkait