Kanwil Kemenag Lampung Gelar Pembinaan Penyuluh Agama Kristen Non PNS

22 Februari 2021, 16:23 WIB

Lampung (Humas) -- Dalam rangka memberikan wawasan kepada masyarakat, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung menggelar Pembinaan Penyuluh Agama Kristen Non Pegawai Negeri Sipil (PNS), hari ini (22/2) di Emersia Hotel&Resort Bandar Lampung.

Pembinaan Penyuluh Agama Kristen Non PNS dimulai pada Pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung,  dengan didampingi oleh Pembimbing Mayarakat (Pembimas) Kristen, Drs. Enneri Gultom, M.Th, dengan diikuti oleh Penyuluh Agama Kristen Non PNS, dan Pegawai Pembimas Kristen.

Dalam laporannya, Pembimas Kristen, Drs. Enneri Gultom, M.Th, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung yang telah bersedia untuk meluangkan waktunya untuk datang dalam sekaligus memberikan Pembinaan Penyuluh Agama Kristen Non Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Enneri, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa kegiatan pembinaan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 22 sampai dengan 23 Februari 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 23 orang yang terdiri dari 3 orang panitia dan Perwakilan Penyuluh dari masing-masing Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung sebanyak 20 orang.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan pembinaan ini, jelasnya, adalah untuk meningkatkan pengetahuan. kemampuan, keterampilan, sikap, mental, semangat pengabdian dan kinerja para Penyuluh Agama Non PNS dalam mewujudkan potensi Iman dan Peran dalam masyarakat.

Sumber kegiatan ini dibebankan pada DIPA Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung pada tanggal 23 November 2020. Materi yang akan diberikan dalam pembinaan ini antara lain Memahami tentang kepemimpinan kristen, becoming a disciplemaking church (menjadi gereja yang menghasilkan murid), memahami peran serta penyuluh agama Kristen Non PNS dalam pembangunan bidang kerohanian dan penggunaan aplikasi E-PAKris.

Enneri mengungkapkan bahwa hasil yang diharapkan melalui pembinaan penyuluh non pegawai negeri sipil Tahun 2021 antara lain meningkatkan pemahaman peserta tentang kepemimpinan, meningkatnya pemahaman peserta tentang peran dan tanggung jawab penyuluh dalam keluarga, gereja, masyarakat, bangsa, dan negara. 

Selain itu juga, meningkatnya pemahaman peserta dalam pembangunan bidang kerohanian, dan meningkatnya pemahaman peserta tentang penggunaan aplikasi E-PAKris.

Kegiatan Pembinaan Penyuluh Agama Kristen Non PNS dilaksanakan sesuai dengan Protokol Kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, menyediakan handsanitizer dan mengukur suhu tubuh para peserta dan tamu undangan.

Suasana Pembinaan Penyuluh Agama Kristen Non PNS tampak terlihat dengan penuh kekhidmatan, lancar, sukses, tertib, dan aman.

Pembinaan ini ditutup dengan Penyerahan Surat Keputusan Penyuluh Agama Kristen Non PNS yang diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H kepada 4 orang Perwakilan Penyuluh Agama Kristen Non PNS.(Anggithya/Okta Kusma Jatha).

Berita Terkait