MTsN 3 Lampung Selatan Gelar Bimtek Penyusunan dan Validasi Naskah Soal Ujian Madrasah

22 Februari 2021, 20:50 WIB

Way Panji, MTsN 3 Lampung Selatan (Humas) – Dalam rangka melaksanakan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor: B-334.2/dj.i/Dt.I/PP.00/02/2021 Tentang pengantar kisi-kisi ujian madrasah tahun pelajaran 2020/2021, MTsN 3 Lampung Selatan melaksanakan kegiatan bimbingan teknis penyusunan dan validasi naskah soal ujian madrasah yang melibatkan MGMP yang terdiri dari anggota KKM MTs 3 Lampung Selatan. (22/02)

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan, H. Afrizandi, S.Fil.,M.Kom.I yang pada kesempatan tersebut memberikan pengarahan terkait agenda tersebut. Dalam kegiatan tersebut, Afizandi menyampaikan bahwa sesuai dengan keputusan bersama tiga Menteri atau yang dikenal dengan SKB Menteri meyimpulkan bahwa pada masa pandemi covid 19 saat ini, ujian nasional akhirnya ditiadakan.

“Kita sudah sama-sama mengetahui bahwa pemerintah sudah mengumumkan perihal ditiadakannya ujian nasional, sehingga untuk mengisi nilai pada ijazah nanti diputuskan untuk mengambil dari nilai dari akumulasi yang ada di rapor atau secara eksplisit diserahkan kepada sekolah ataupun madrasah. Sehingga, saat ini Dirjen Pendis memberikan surat edaran agar madrasah melalui MGMP atau KKM agar melaksanakan pembuatan soal ujian madrasah. Saat ini, MTsN 3 Lampung Selatan sudah menjalankan amanah Kementerian Agama dengan menggelar agenda hari ini,”kata Afrizandi.

Kemudian, “saya mengapresiasi atas kerja keras MTsN 3 Lampung Selatan yang mengawali kegiatan ini, juga untuk pengawas pembina yang turut hadir menjadi narasumber, artinya kegiatan ini akan melahirkan sebuah produk yang baik dalam mempersiapkan kegiatan Ujian Madrasah yang notabene menjadi syarat kelulusan siswa di madrasah di masa pandemi,” imbuh Afrizandi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Madrasah, Yayuk Dwi Wahyuni menyampaikan bahwa kegiatan hari ini adalah bentuk dari rapat bersama dengan seluruh Kepala Madrasah Swasta di lingkungan KKM MTs 3 Lampung Selatan.

“Kegiatan hari ini merupakan sebuah sumbangsih nyata madrasah dalam menentukan nasib para siswa yang akan menyelesaikan masa belajarnya di tingkat pendidikan menengah pertama, jadi adanya MGMP yang berafiliasi dengan KKM ini akan menyamaratakan kualitas dan kuantitas dari soal Ujian Madrasah nantinya, pastinya perlu sebuah diketahui bahwa kegiatan ini murni untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah meskipun sedang dalam masa pandemi,” ungkap Yayuk.

Perlu diketahui, kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan dan Validasi Naskah Soal UM akan berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 22-24 Februari 2021 dan juga kegiatan ini mengundang tim dari Pokjawas Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan sebagai Narasumber utama yakni Drs. Sahrul, AR. M.P.Fis dan juga tim Pokjawas Kabupaten Lampung Selatan yakni, Miftahul Jannah, M.Pd, Hairudin, M.Pd.I, Eko Sucipto, M.Pd.I, Siurip, M.Pd.I, Hawiyah Yusiana, M.Pd dan Jupriyadi, M.Pd.I. (Rhs)

Berita Terkait