Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Pimpin Pelaksanaan Entry Meeting bersama Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI

23 Februari 2021, 15:51 WIB

Kanwil Kemenag Lampung (Humas) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim selaku koordinator wilayah memimpin pelaksanaan Entry Meeting bersama Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) sebagai Audit Atas Laporan Keuangan Kementerian Agama Tahun 2020 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Selasa (23/2).

Kegiatan yang bertempat di Aula Pepadun Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung dihadiri oleh Ketua Sub Tim 3 BPK Ratu Sila Setiasih bersama anggota tim Rizki Azora, Hanang Supanto, Andika Surgary dan Rina Selvia dan diikuti oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang, Pembimas, Kasubag, PPK, BP dan BPP

Selain itu, secara virtual zoom meeting juga dihadiri Kepala Biro UIN Raden Intan Lampung, Wakil Rektor III IAIN Metro dan Kepala Kemenag Kab/Kota, beberapa Kepala Madrasah Se Provinsi Lampung dengan jumlah partisipan 97 orang.

Kakanwil menyambut baik atas kedatangan tim BPK RI di Provinsi Lampung dan berharap semoga audit dapat berjalan lancar dan mendapat hasil yang diharapkan semua pihak.

“Atas nama koordinator wilayah saya mengucapkan selamat datang atas kehadiran Ibu ketua tim beserta jajaran di Provinsi Lampung, mudah-mudahan kedatangan ibu dan tim bisa memberikan pencerahan tanpa henti dilingkungan Kemenag Provinsi Lampung, baik di Kanwil, Kab/Kota termasuk juga di UIN Raden Intan Lampung dan IAIN Metro,” Ujar Juanda.

Lebih lanjut Kakanwil mengharapkan kepada jajarannya di Kementerian Agama Provinsi Lampung baik di Kanwil, Kab/Kota UIN dan IAIN agar mensupport penuh dengan menyiapkan bahan yang dibutuhkan terkait laporan keuangan.

“Kami yakin dan percaya kita sudah memahami tusi kita masing - masing baik sebagai ASN dan yang paling utama apa yang kita lakukan bernilai pahala di sisi Allah SWT, secara manusia dan agama dibenarkan, semoga kehadiran tim BPK RI dapat memberikan arahan dan petunjuk agar keluarga besar di Kemenag Provinsi Lampung bisa melangkah melaksanakan tusinya sesuai regulasi yang ada,” Ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Sub Tim 3 BPK Ratu Sila Setiasih memaparkan bahwa pemeriksaan atas laporan keuangan yang akan dilakukan bertujuan untuk memberikan opini kewajaran laporan keuangan Kementerian Agama dengan mempertimbangkan kesesuaian laporan keuangan yang akan diperiksa.

“Untuk pemeriksaan laporan keuangan Kementerian Agama tahun 2020 dalam hal ini satker di Kemenag Provinsi Lampung yaitu atas realisasi anggaran, neraca, operasional dan lain sebagainya “ Jelasnya

Lebih lanjut Ratu Sila menjelaskan bahwa pemeriksaan di Provinsi Lampung akan dilaksanakan selama 20 hari kedepan secara komprehensif.

“Dikarenakan Pandemi Covid-19 yang masih mewabah maka pemeriksaan yang dilakukan akan lebih berbasis digital seperti melalui google drive, email dan menggunakan format excel untuk mencegah ketidak lengkapan, Kemenag Lampung Timur dan Lampung Tengah agar dapat hadir Di Kanwil dan untuk UIN dan IAIN tim kami akan memeriksa langsung ketempat,” Pungkasnya. (Melawati Basyar/Rizki/Riko).

Berita Terkait