Ka Kanwil Kemenag Provinsi Lampung : Kepala Madrasah Adalah Manajer Yang Wajib Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah

23 Februari 2021, 15:45 WIB

 

Bandar Lampung, MAN 1 ( Humas).Kepala Madrasah adalah manajer yang wajib meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Hal ini diungkapkan oleh Ka Kanwil Kemenag Provinsi Lampung ,Juanda Naim pada Rakor Pendidikan madrasah Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2021 yang mengusung tema "MADRASAH PANDAI BERHITUNG DAN MENDUNIA", selasa ( 23/02/2021).

"Saya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang telah hadir pada kegiatan melalui zoom meeting ini, semoga saudara sekalian dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan kualitas pendidikan pada Madrasah," kata Juanda Naim membuka acara Rakor.

Sumberdaya manusia yang berkualitas akan mampu mengelola sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Perkembangan dan perubahan dunia pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya.
Perkembangan dan perubahan tersebut menuntut perubahan dan peningkatan di bidang pendidikan, khususnya di Madrasah di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung, dalam menyiapkan peserta didik untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berbudi pekerti luhur, berbudaya, berwawasan lingkungan, unggul dalam prestasi serta kompetitif dalam dunia global.

Juanda mangatakan Bidang Pendidikan Madrasah mempunyai pekerjaan yang sangat luar biasa, antara lain :
Meningkatkan akses Pendidikan madrasah yang merata.
Meningkatkan mutu Pendidikan madrasah.
Menciptakan Madrasah Melek Teknologi.
Meningkatkan relevansi dan daya saing Pendidikan madrasah.
Mengembangkan SDM Guru dan Tenaga Kependidikan pada Madrasah.
Meningkatkan tata kelola Pendidikan madrasah yang baik.
Meningkatkan Infrastruktur pada Pendidikan Madrasah.
Semua komponen harus berkolaborasi dan bekerja sama dalam mendorong kemajuan madrasah khususnya madrasah di Provinsi Lampung ini.

Perkembangan madrasah sebagai lembaga pendidikan modern tidak lepas dari kontribusi pemerintah melalui Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah mengadopsi pendidikan madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional, sehingga legalitas yurdisnya menjadi kuat untuk mendapatkan perlakuan yang sama seperti sekolah umum dalam meraih kemajuan dalam melaksanakan semua aspek kependidikannya. Modernisasi pendidikan madrasah saat ini dapat dilihat pada kemajuan berbagai komponen pendidikannya, seperti; infra struktur madrasah yang semakin elegan, fasilitas dan media pembelajaran yang berbasis IT, tenaga pendidik yang profesional, dan sumber belajar yang relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan terkini, bahkan lahirnya beberapa madrasah unggulan yang bertarap nasional.

Selain daripada itu Juanda berharap kepada semua penyelenggara pendidikan madrasah untuk menjadikan Program Tahfidz Al-Qur'an dan Tilawah Al Qur’an sebagai salah satu program unggulan yang  akan tetap kita pertahankan, Karena dengan adanya program tahfidz dan tilawah ini diharapkan dapat terwujudnya hafiz dan hafizoh, qori dan qori’ah yang handal, serta terciptanya generasi-generasi Qur'ani yang cinta Al-Qur'an. Generasi Qur'ani ini dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Juanda mengharapkan dikegiatan ini semua pihak dapat berkontribusi mengembangkan Pendidikan Madrasah, selain itu Kepala Madrasah ataupun Wakil Kepala Madrasah dalam menjalankan kepemimpinan diharapkan memiliki target capaian baik itu target pembelajaran, Sarana prasarana maupun Sumber Daya Manusia, hal lain yakni meninggalkan kebiasaan stagnan dan tidak aplikatif kreatif pada setiap pendidik dan membangun sistem aplikasi kreatif yang berkesinambungan.

"Semoga rakor ini akan mampu meningkatkan mutu pendidikan madrasah khususnya di Provinsi Lampung Sang Bumi Ruwa Jurai tercinta ini,"pungkasnya ( Kontributor : HrS/Ags)

Berita Terkait