Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung: Perencanaan Yang Matang Akan Menghasilkan Output Yang Berkualitas

01 Maret 2021, 19:25 WIB

Lampung (Humas) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim membuka acara Penyusunan Kebutuhan Anggaran Tahun 2022 secara E-Planning didampingi Kepala Bagian Tata Usaha  Marwansyah  di Aula PTSP Kanwil Kemenag Lampung (01/03).

Proses dan tahapan pengusulan anggaran yang berbasis pada e-planning dan e-budgeting memerlukan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas yang lebih baik antara kepentingan pusat dan kebutuhan satker di daerah sehingga program kegiatan yang akan dilaksanakan dan direncanakan dapat memberikan manfaat dan berkualitas.

Mengawali sambutannya Kakanwil menyampaikan bahwa Keberadaan perencana memiliki peran penting dalam suatu organisasi/satker, oleh sebab itu hendaknya dapat merencanakan atau mem-planning apa yang menjadi sasaran kedepan serta mengedepankan sekala prioritas, sehingga tercipta penganggaran yang tepat sasaran efektif dan efisien.

Kakanwil juga menjelaskan bahwa para perencana di Kanwil Kemenag Provinsi Lampung secara kualitas telah cukup memadai tetapi kuantitas SDM masih belum mencukupi.

"Namun demikian perencana yang ada saat ini dapat dilihat hasil kerjanya dengan indikator penyerapan anggaran dari waktu ke waktu sudah semakin membaik,” Tambahnya.

Lebih lanjut Kakanwil berharap dalam menyusun perencanaan anggaran itu harus tertib dan sesuai mekanisme yang berlaku.

“Tertib itu diawali dengan perencanaan yang matang maka akan terciptannya output yang sesuai alurnya, sehingga tertib bukan hanya di Kantor Wilayah tapi juga satker dibawahnya sehingga Kanwil Kemenag Provinsi Lampung bisa menjadi Barometer untuk contoh satker dibawahnya.”Terangnya.

Dalam kesempatan tersebut koordinator perencana Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Ferdinan Akrabi menjelaskan bahwa Kegiatan tersebut diikuti 15 perencana Kementerian Agama Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

"Karena masih dalam kondisi pandemi dan untuk mencegah penularan Covid-19 maka acara dilaksanakan selama 3 hari, setiap hari di hadiri oleh 5 peserta dari perwakilan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung bertempat di aula PTSP Kanwil Kemenag Provinsi Lampung," Ungkapnya.  ( Riko/sry)

Berita Terkait