7 ASN Kanwil Kemenag Provinsi Lampung dilantik sebagai APKAPBN dan PKAPBN

02 April 2021, 09:50 WIB

Lampung (Humas) -- Kamis (1/4) bertempat di Aula Pepadun, 7 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung meliputi Winardi, Kunu Mashuri, S.E, M. Sholeh Ghifari, S.E, Bernadeta Eva Mariani, S.E, Sulastri, S.Pd.H, Barokatun, S.E.I, Agus Cik Alisi, S.E dilantik secara resmi sebagai Analis Pengelolaan Keuangan APBN (APKAPBN) dan Pranata Keuangan APBN (PKAPBN) oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag.

Kegiatan pelantikan yang dimulai pada Pukul 13.00 WIB diselenggarakan oleh Biro Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI ini diikuti oleh 1589 orang APKAPBN, PKAPBN, Jabatan Fungsional Penata Laksana Barang pada Kementerian Agama Se-Indonesia dan dilaksanakan secara online melalui telekonferen.

Tampak hadir pula dalam kesempatan tersebut Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, H. Erwinto, S.Ag, mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, didampingi oleh Subkoordinator Subbagian Keuangan dan BMN, Samsul Bahri, S.Sos., M.M, dan Subkoordinator Kepegawaian dan Hukum, DR. H. Syamsul, S.H., M.Sy.

Acara yang dimulai dengan Pembukaan dilanjutkan dengan Menyanyikan dan/atau mendengarkan Lagu Indonesia Raya, kemudian Pembacaan Keputusan Pengangkatan dalam Jabatan, Pembacaan Naskah Pelantikan, Pengambilan Sumpah/Janji, dan Penandatangan Berita Acara Pelantikan dan Pengangkatan Sumpah/Janji.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag mengawali sambutannya mengatakan bahwa bahwa Penetapan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan ke dalam Jabatan Fungsional Tertentu di Lingkungan Kementerian Agama ini merupakan pertama, pengangkatan melalui penyesuaian atau inpassing dan kedua adalah pengangkatan pertama dalam jabatan fungsional.

Nizar, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa Pengambilan sumpah dan pelantikan hari ini sebanyak 1.756 orang yang terdiri 25 orang hadir secara fisik dan 1.731 orang hadir melalui virtual meeting.

Pengambilan sumpah jabatan pada hari sebanyak 1.756 orang dalam jabatan yang meliputi Analis Pengelolaan Keuangan APBN sebanyak 257 orang, Pranata Keuangan APBN sebanyak 1.303 orang, Pranata Laksana Barang sebanyak 29 orang, Analis Anggaran sebanyak 4 orang, dan Arsiparis sebanyak 141 orang. Sementara Perencana sebanyak 21 orang dan Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur sebanyak 1 orang.

"Penetapan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan ke dalam jabatan fungsional tertentu ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dimana pada pasal 87 menjelaskan jika setiap pegawai negeri sipil yang diangkat menjadi pejabat fungsional wajib dilantik untuk diambil sumpah atau janji menurut agama atau kepercayaannya kepada Tuhan yang Maha esa", ucapnya.

"Jabatan Fungsional merupakan jabatan yang sangat penting dan sangat strategis dalam Kementerian Agama karena jabatan fungsional adalah jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu atau yang disebut sebagai kompetensi yang sesuai dengan bidangnya masing-masing", ujarnya

Nizar menambahkan bahwa Pengangkatan jabatan fungsional bertujuan sebagai sarana pengembangan profesionalisme dan pembinaan karir pegawai negeri sipil. Selain itu, untuk mencapai tujuan pembangunan diperlukan adanya pengangkatan pejabat fungsional yang perlu dibina dengan sebaik-baiknya dengan menggunakan sistem karier dan sistem prestasi kerja demi menciptakan organisasi pemerintah yang kaya fungsi.

"Dengan dilantik sebagai Jabatan Fungsional tertentu, diharapkan menjalankan tugas sebagaimana fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu sebagaimana yang diatur dalam peraturan yang berlaku", ungkapnya.

"Mari kita lanjutkan bekerja secara pasti dan bersih, melaporkan segala aktivitas kerja dan kinerja secara berjenjang kepada pimpinan, buktikan bahwa Kementerian Agama memiliki integritas yang tinggi, teamwork yang solid untuk terus bekerja keras, mengukir prestasi di negeri ini secara profesional, akuntabilitas, sinergi, transparan, dan inovatif", ajaknya.

"Saya mengucapkan selamat kepada para pegawai negeri sipil yang dilantik dan diambil sumpahnya segera menjalankan tugas dengan baik dan mengambil langkah-langkah strategis dalam menjalankan tugas yang baru semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberi kekuatan lahir dan batin kepada kita semua dalam melaksanakan tugas dan amanah yang telah dikerjakan", pungkasnya.

Terpisah, menanggapi hal itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, menjelaskan dalam jabatan fungsional dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitas dalam menjalankan tugas dan fungsi. Sesuai dengan tugas dan fungsinya, pejabat fungsional wajib meningkatkan kinerja dengan inovasi, kreatif, dan harus berintegritas berdasarkan kompetensi dan keahlian yang dimiliki.

"Saya mengucapkan Selamat kepada 7 ASN di Lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung yang baru saja dilantik oleh Sekjen Kemenag RI melalui virtual dan merasa bangga bahwasanya di Kanwil Kemenag Provinsi Lampung saat ini telah mempunyai JFT APKAPBN dan PKAPBN yang akan membantu kinerja kantor menjadi lebih optimal lagi dan semoga dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya", tandasnya.(Anggithya/Azis)

Berita Terkait