MURDI AMIN HADIRI PEMBINAAN FKUB DAN DIALOG KERUKUNAN UMAT BERAGAMA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TANGGAMUS 2021

07 April 2021, 14:57 WIB

Tanggamus (Inmas). Sujumlah pemuka Agama dari beberapa daerah di Kabupaten Tanggamus, menaungi agama Hindu, Kristen, Katholik serta Islam  yang berada di Kabupaten Tanggamus yang terdaftar sebagai tamu undangan Kantor kementerian Agama Kabupaten Tanggamus menghadiri “Pembinaan FKUB dan Dialog Kerukunan Umat beragama di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus”, tepatnya diadakan di Hotel 21 Jl. Mespemda Gisting, Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus pada 7 april 2021,

Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus, Drs. H Murdi Amin, M.Ag. dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur atas berkat dalam kebersamaan yang ada ini walau masih dalam keadaan sosial distancing, menjaga jarak satu sama lain dan tetap mematuhi 5 M Protokol Kesehatan dapat terlaksananya Pembinaan FKUB dan Dialog Kerukunan Umat Beragama Kantor kementerian Agama Kabupaten Tanggamus.

Kerukunan umat beragama adalah salah satu bentuk sosialisasi yang damai antara agama satu dengan yang lain karena adanya sikap saling menghargai satu sama lain.  Untuk itu, kerukunan disini sangat penting dilakukan, dalam upaya mencapai toleransi beragama dan saling menghormati satu sama lain, “kasihilah sesama manusia seperti dirimu sendiri” ujar Murdi Amin,

Pendeta Dwi, selaku pengisi acara pun dalam menyikapi kerukunan beragama, mengingatkan kita agar senantiasa  “untuk saling berkesinambungan di kehidupan yang berbangsa, bermasyarakat dan bergama” ujar beliau. Dalam hal ini pun beliau mengatakan bahwa masalah iman, kita tidak bisa menilai seseorang dan tidak bisa pula salah beresepsi terhadap kerukunan bergama agar dapat menjaga satu dengan lainnya.

Daerah-daerah yang ada di sekeliling kita juga pasti diajarkan untuk dapat menjalin silahturahmi dan saling bertoleransi, ketika satu sama lain harus bisa memberikan sikap saling keterkaitan dikala kita berada di Negara yang mempunyai banyak Agama. “saling membutuhkan dikehidupan nyata, sebagai masyarakat yang mensyukuri dan menyertakan kebersamaan antar beragama” ujar Iwayan.

Dialog interaktif yang terjalin sewaktu berjalannya kegiatan ini, terfokuskan dengan prespektifnya adalah untuk kerukunan bersama antara umat bergama, landasan normatif bangsa sebagai kesepakatan bersama yang berbangsa dan bernegara berdasarkan ketuhanan yang Maha Esa.

Selanjutnya, Pembinaan FKUB dan Dialog Kerukunan Umat Beraga ini, yang di Pimpin langsung oleh kepala kantor kementerian Agama Kabupaten Tanggamus Drs. H. Murdi Amin, M.Ag. dan didampingi oleh ketua FKUB Ismail sangat menghaturkan kegiatan ini demi menjaga persahabatan antara agama dan tentu audience pun mempunyai keinginan agar kegiatan ini dapat terjalin terus menerus yang lebih lagi dapat membangun rasa kerukunan. “Dialog itu sangat penting supaya tidak menimbulkan salahnya komunikasi” ujar ismail.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah Fathloil pun menyikapi pembinaan ini sebagai penyambung ide-ide yang tentu perlu disinkronisasikan dan menjembatani sebagai tujuan bersama bagi kita semua untuk Indonesia yang rukun.(franessyafei)

Berita Terkait