Program Unggul Kelas IX MTsN 1 Lamsel Menggelar Evaluasi Pelajaran Unggul (EPU)

08 April 2021, 11:10 WIB

Kalianda, MTsN 1 Lampung Selatan (Humas) – Pelaksanaan EPU kelas IX khusus Program Kelas Unggulan MTsN 1 Lampung Selatan sesuai dengan surat pemberitahuan dilaksanakan secara tatap muka, berjejang mematuhi protokol kesehatan selama 4 hari terhitung dari Tanggal 07-10 April 2021. (08/04)

Menurut Direktur Program Kelas Unggulan MTsN 1 Lampung Selatan, Munawar menyatakan bahwa kegiatan Evaluasi Pelajaran Unggul atau yang biasa disingkat dengan EPU ini diagendakan untuk penilaian akhir Semester Genap, dan yang didahulukan khusus untuk Kelas IX Unggul. Mengingat, kelas IX baru saja menyelesaikan rentetan ujian, baik Penilaian Akhir Semester dan juga Ujian Madrasah.

“Kegiatan EPU ini sudah menjadi keniscayaan bagi Program Unggul, dan harus dilaksanakan secara langsung, karena ujian yang notabene untuk mengasah kemampuan secara praktek bukan hanya teori, karena teori sudah mereka curahkan pada Ujian Madrasah. Sehingga, EPU lebih menekankan pada aspek aplikatif agar pembelajaran yang selama ini dilaksanakan di Program Kelas Unggul dapat dipraktekkan melalui EPU ini,” kata Munawar.

“lalu, kegiatan yang mewajibkan siswa hadir ke Madrasah sudah kami persiapkan sebagaimana mestinya, mengingat kondisi yang saat ini sedang terjadi dengan adanya wabah Covid-19 maka kami buatkan jadwal persesi, mewajibkan mengenakan masker, dan jika sudah selesai EPUnya siswa harus meninggalkan madrasah agar tidak terjadi kerumunan,” imbunya.

Pada kesempatan lainnya, Kepala Madrasah, Abdurahman berpesan agar pelaksanaan EPU terakhir bagi Kelas IX Program Unggul tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Prokes. Tentunya, dengan izin yang diberikan oleh wali siswa akan menjadi sebuah hal yang penting agar terselenggara kegiatan tersebut dengan baik.

“Program Kelas Unggulan Madrasah kita selama pandemi ini memang masih berjalan, baik pembelajaran yang dilaksanakan oleh Guru Program Unggul, yang selama ini menggunakan Video Conference atau Zoom. Artinya, pelaksanaan EPU yang sudah terjadwal sesuai dengan waktu yang ditentukan tersebut adalah bentuk dari hasil pembelajaran selama ini, karena nantinya khusus Siswa Kelas Unggul akan mendapatkan sertifikat ataupun piagam yang grade-nya salah satunya diambil dari nilai EPU,” ujar Rahman.

Perlu diketahui, mata pelajaran yang di-EPU-kan pada Semester Genap ini yakni, Tahfidz, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika. Keseluruhanya penilaian diambil secara praktek bukan teori. (Rian)

Berita Terkait