Kakankemenag Pringsewu: Bentuk Karakter Siswa RA yang Agamis

08 April 2021, 18:55 WIB

Kemenag, Pringsewu (Humas) - Bertempat di RA Baitul Umi Jl. Raya Pajarisuk, Kecamatan Pringsewu, pada Kamis (8/4) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu melalui Seksi Pendidikan Islam menyelenggarakan rapat koordinasi bersama Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Se- Kabupaten Pringsewu.

Selain untuk koordinasi, penyelenggaraan rapat ini juga dimaksudkan untuk  menjalin silaturahmi dan membahas tentang program Lampung Mengaji dalam rangka membentuk karakter siswa yang agamis.

Dalam sambutannya Kakankemenag Pringsewu Ahmad Rifa'i menyampaikan bahwa Guru RA adalah guru yang pertama kali untuk siswanya sebelum memasuki pendidikan ke jenjang yang selanjutnya.

Rifa'i berharap seluruh Guru RA dapat menanamkan nilai-nilai agama dalam membentuk karakter siswa yang agamis. "Pendidikan dan agama sangatlah penting dalam membentuk karakter anak sejak usia dini, oleh karena sejak dini pula nilai-nilai keagamaan harus sudah ditanamkan pada jiwa setiap anak didik kita" harapnya.

Seorang guru Raudhatul Athfal (RA) harus bisa berinovasi dan kreatif pada saat mengajarkan pendidikan Islam kepada anak didiknya. Selain itu, harus mampu mengenal dan memahami karakter dan bakat masing-masing murid.

“Kita harus bisa memasuki dunia mereka. Istilah belajar sambil bermain diterapkan dalam keseharian bersama anak-anak karena pada dasarnya anak-anak akan lebih menyerap pembelajaran jika dilakukan sambil bermain, karena dunia anak adalah dunia bermain. Ini tentu memudahkan guru dalam mengajar di sekolah,” jelas Rifa'i.

Selanjutnya, Rifa'i juga berharap seluruh Guru RA dapat menyukseskan Program Lampung Mengaji, "mari kita ciptakan generasi muda untuk berkiprah di bidang MTQ dan Tahfidzul Qur'an tinggkat RA," jelasnya.

Selain dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Kemenag Pringsewu M. Sakban, Kepala Seksi Pendidikan Islam yang diwakili oleh Anton Santoso, Ketua IGRA Suwarto dan seluruh Kepala Raudhatul Athfal (RA) se-Kabupaten Pringsewu dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 secara ketat. (Imran/Anggithya)

Berita Terkait