Kakanwil Kukuhkan Satgas SPIP dan Agen Perubahan di Lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung

10 April 2021, 09:34 WIB

Lampung (Humas) -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, mengukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Agen Perubahan di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung.

Acara yang berlangsung pada hari Jum'at tanggal 9 April 2021 pada Pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai dilaksanakan pada Ballroom Emersia Hotel & Resort Bandar Lampung.

Pengukuhan ini ditandai dengan pengenakan selempang Satgas SPIP dan Agen Perubahan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung kepada Perwakilan ASN yang terpilih.

Mengawali sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, mengapresiasi setinggi-tingginya atas terlaksananya pengukuhan satgas SPIP dan Agen Perubahan di Lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung.

Juanda menjelaskan bahwa Kanwil Kemenag Provinsi Lampung merupakan salah satu instansi pemerintah yang banyak memberikan pelayanan yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Untuk mewujudkan kinerja yang baik tentunya membutuhkan sebuah Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang terpadu guna mengarahkan semua sumber daya dan proses yang ada berjalan sesuai dengan Standar Operasional Pelayanan (SOP) dan peraturan perundang-undangan.

Kegiatan pengendalian harus selalu memonitoring dan diperbaiki secara berkelanjutan untuk memastikan semua sumber daya manusia dan proses yang ada telah sesuai dengan SOP dan aturan yang berlaku. Dengan adanya pengendalian intern ini diharapkan dapat diketemukan dan dianalisis berbagai resiko yang dihadapi dan segera dapat diambil tindakan pengendalian dan pengawasan sebagai solusinya.

Selain itu juga, untuk mewujudkan performance kinerja Kanwil Kemenag Provinsi Lampung yang bersih, akuntabel, responsif dan berjiwa melayani, tentunya menjadi tanggung jawab semua ASN. Untuk itu diperlukan pula ASN yang dapat menjadi agen perubahan guna meneladani bagaimana berkinerja dengan baik sehingga WBK dan WBBM bisa berjalan dengan baik dan harus dimulai dari sekarang.

"Agen perubahan merupakan pegawai yang terbaik, harus menjadi contoh atau teladan dan juga harus bisa menggerakkan serta melakukan program terkait dengan delapan agen perubahan Reformasi Birokrasi", tegasnya.

"Saya sangat berharap kepada satgas SPIP dan Agen Perubahan yang sudah dikukuhkan hari ini, nantinya benar-benar dapat menjalankan peran dan fungsi secara berkelanjutan dan berkesinambungan sehingga dapat membawa perubahan besar dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung", tuturnya.

"Mari bersama kita melangkah ke depan, mengesampingkan ego masing-masing, bekerja dengan tulus dan ikhlas sebagai satu kesatuan keluarga Kanwil Kemenag Provinsi Lampung. Selamat bekerja untuk para satgas SPIP dan Agen Perubahan demi memberikan manfaat terbaik bagi seluruh masyarakat di Provinsi Lampung", pungkasnya.(Anggithya/Okta Kusuma Jatha)

Berita Terkait