Kakanwil Pimpin Doa pada Peringatan Nuzulul Qur'an dan Safari Ramadhan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021

01 Mei 2021, 06:12 WIB

Humas Kanwil Lampung --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung  Juanda Naim memimpin doa pada peringatan Nuzulul Qur'an dan Safari Ramadhan Tingkat Provinsi Lampung tahun 2021, peringatan tersebut dipusatkan di Mahan Agung Rumah Dinas Gubernur, Jumat (30/4/) dimulai pukul 16.00 WIB s.d. selesai.

Peringatan Nuzulul Qur'an tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Lampung, Forkopimda Provinsi Lampung, serta diikuti secara daring oleh seluruh Bupati/Walikota se Provinsi Lampung dan Ormas Keagamaan islam.

Mengawali sambutannya Gubernur mengatakan bahwa diselenggarakannya peringatan Nuzulul Qur’an tersebut untuk kembali saling mengingatkan agar terus mencintai Al Qur’an dan menjadikannya sebagai pedoman hidup.

”Mencintai Al-Qur’an dengan cara membacanya, mendalami isi kandungannya, menghayati dan mengamalkannya dalam berkehidupan sehingga menjadi masyarakat dan bangsa yang Baldatun Thoyibatun Warobun Ghofur,” ungkap Gubernur.

Arinal juga mengajak melalui momentum peringatan Nuzulul Qur’an untuk membangun rasa kebersamaan, persatuan, dan kesetiakawanan dalam membangun Provinsi Lampung.

“Peringatan Nuzulul Qur’an merupakan momentum yang sangat strategis dan diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk mencintai dan menyayangi Al- Qur’an, semakin sering sering membaca Al-Qur’an semakin lurus jalan kehidupan di tengah masyarakat,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga mengingatkan bahwa Provinsi Lampung dalam beberapa minggu terakhir mengalami peningkatan kasus Covid-19, oleh sebab itu dalam rangka upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin meningkat, gubernur mengharapkan agar ASN untuk tidak mudik dan menghimbau agar pelaksanaan ibadah sholat ied tidak berjamaah.

“Sejalan dengan kesepakatan bersama antara Gubernur dan Forkopimda Provinsi Lampung, Kementerian Agama, Bupati/Walikota, Rektor, Pengurus MUI bahwa pelaksanaan sholat Iedul Fitri 1 Syawal 1442 H dihimbau untuk tidak dilaksanakan secara berjamaah,” himbau Arinal.

Pada kesempatan itu, diserahkan bantuan secara simbolis kepada 16 masjid yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota dengan total bantuan Rp. 300 Juta rupiah dan bantuan untuk 800 anak yatim di 15 Kabupaten/Kota dengan total bantuan Rp. 150 Juta rupiah.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim saat memimpin doa memohon kepada Allah SWT agar merahmati seluruh umat islam dengan Al-Qur’an, dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pemimpin, petunjuk dan cahaya.

Kakanwil juga memanjatkan doa agar Provinsi Lampung dibawah kepemimpinan Gubernur Arinal menjadi provinsi yang aman, rukun, adil dan makmur sejahtera.

“Hiasilah para penduduk dan pemimpinnya dengan akhlak yang mulia yang berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah Rosul,” ucap Kakanwil. (Melawati Basyar/Rizki/Riko).

Berita Terkait