“Kua Kecamatan Bukan Saja Melayani, Mengawasi, Mencatat Peristiwah Nikah Saja, Tetapi Lebih Dari itu, Yaitu Pelayanan Keagamaan” Ucap Kakankemenag Lampura Saat Buka Rakor KUA

03 Juni 2021, 17:32 WIB

Lampung Utara, Kemenag (Humas). Kamis, 03 Juni 2021. Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) mengadakan rapat Koordinasi (Rakor) bulanan pada Kamis, 03 Juni 2021, pukul 13.00 waktu setempat. Kamis, 03 Juni 2021.

Acara dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara  (Drs. H. Totong Sunardi, MM), Kasi Bimas Islam (H. Tarmizi, S.Ag.,MM), beserta staf, dan  Kepala KUA Se-Kabupaten Lampung Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Totong berharap agar KUA Kecamatan bisa meningkatkan pelayanan keagamaan di tingkat Kecamatan. Terlebih Kementerian Agama telah mencanangkan Program Revitalisasi KUA, dimana 6 KUA telah diresmikan sebagai pilot project tahun 2021 karenanya pelayanan di KUA  bukan saja hanya melayani, mengawasi, mencatat peristiwa nikah saja akan tetapi lebih dari itu yaitu pelayanan keagamaan.

"Pelayanan di KUA  bukan saja hanya melayani, mengawasi, mencatat peristiwa nikah saja akan tetapi ada 10 Fungsi KUA." Kata Totong

Karenanya Totong berharap agar KUA lebih mengoptimalkan kinerjanya dalam pelayanan keagamaan di Tingkat Kecamatan.

Totong juga berharap dukungan kepada KUA Kecamatan Kotabumi Selatan yang tahun ini masuk kedalam 100 Revitalisasi KUA yang dicanangkan Kementerian Agama Pusat.

"Tahun ini KUA Kecamatan Kotabumi Selatan masuk dalam 100 Revitalisasi KUA, Karenanya mari kita dukung bersama, dan harapan kita bersama 23 KUA yang ada di Kabupaten Lampung Utara juga bisa di Revitalisasi”.  Ujar Totong

Totong menambahkan dengan adanya program Revitalisasi KUA dimana salah satunya peluncuran digitalisasi kartu nikah maka tidak ada alasan lagi kartu digital nikah tidak terdistribusikan ke pengantin.

Selain itu Totong berharap agar KUA bisa membuat inovasi seperti misalnya selain mendapatkan dokumen nikah yaitu buku nikah dan kartu nikah digital namun juga bisa mendapatkan KTP dan KK yang sudah berubah status nya.

"Inovasi lain misalnya menyiarkan secara langsung di media online bagi pengantin yang melangsungkan pernikahan di KUA".   Tambah Totong.

Sementara itu Kasi Bimas Islam (H.Tarmizi, S.Ag.,MM) dalam sambutannya menyatakan bahwa agar KUA bisa mempersiapkan Lomba KUA Teladan.

"Selain itu, Lomba Penyuluh Teladan baik PNS dan Non PNS Agar KUA dapat menyukseskannya". Ujar Tarmizi.

Acara dilanjutkan dengan tanya Jawab dan mendiskusikan terhadap kegiatan-kegiatan dan permasalahan yang ada di KUA. (Rd/Rhm/Sry).

Berita Terkait