Kakanwil Hadiri Pengukuhan 27 Pengurus Cabang APRI Kabupaten Lampung Selatan Masa Bakti 2021-2025

10 Juni 2021, 09:10 WIB

Lampung Selatan, Kanwil Kemenag Lampung (Humas) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim menghadiri pengukuhan 27 pengurus cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Lampung Selatan Masa Bhakti 2021-2025. Bertempat di Aula Grand Elty Krakatoa Kalianda Lampung Selatan, Selasa (08/06).

Pada kesempatan tersebut pengukuhan dilakukan oleh Wakil Ketua Pengurus Wilayah APRI Provinsi Lampung Jalaludin yang dihadiri oleh tersebut Kepala Bidang Urais Jamaludin dan Subkoordinator Kepegawaian dan Hukum Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Syamsul, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan Azhari, Kasubag Tata Usaha Abdul Haris serta para Kasi dan Kepala KUA dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan.

Mengawali sambutannya Kakanwil menyatakan bahwa pembentukan APRI merupakan amanah Permenpan RB Nomor 11/2017 tentang pembentukan organisasi profesi yang mengatur bahwa hanya ada satu organisasi profesi untuk setiap jenis profesi sebagaimana Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) No.17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Salah satu yang menarik dari peraturan ini adalah tentang organisasi profesi. Di pasal 101, PP ini menyebutkan dengan jelas bahwa seorang PNS dengan Jabatan Fungsional wajib mengikuti organisasi profesi. Organisasi profesi wajib diikuti dalam jangka waktu paling lama 5 tahun sejak tanggal penetapan sebagai pejabat fungsional. Organisasi profesi yang harus diikuti oleh setiap pejabat fungsional haruslah organisasi yang bisa dipercaya dan mampu memberikan perlindungan kepada para anggotanya,” ujar Juanda.

Dalam Kesempatan tersebut Kakanwil berharap organisiasi ini bisa menjadi wadah berkumpulnya jabatan fungsional penghulu, untuk dapat meningkatkan layanan dan profesionalitas jabatan fungsional penghulu serta mampu memberikan pengaruh perubahan positif pada etika profesi jabatan fungional penghulu.

Kakanwil juga menjelaskan bahwa keberadaan penghulu tidak dapat dilepaskan dengan dinamika kehidupan bermasyarakat dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembangunan secara menyeluruh.

“Penghulu merupakan bagian dari perkembangan dan dinamika masyarakat sekaligus tenaga lapangan yang handal dalam mensukseskan visi dan misi Kementerian Agama khususnya dibidang pernikahan dan pembinaan keluarga sakinah menuju masyarakat bahagia sejahtera dan makmur berkat ridho Allah SWT,” terangnya.

Lebih lanjut Juanda juga memaparkan bahwa tugas – tugas penghulu berkaitan dengan penerapan ajaran dan syariat agama islam di bidang pernikahan yang bukan hanya sekedar acara seremonial, melainkan juga menjadi sarana perwujudan ketaatan seorang muslim dan pemersatu ikatan suci lahir batin antara seorang pria dan wanita.

“Mengingat tugas dan peran penghulu yang sangat penting, maka keberadaan penghulu harus menjadi perhatian kita semua karena masih banyak KUA di Provinsi Lampung hanya memiliki satu orang penghulu, oleh karenanya Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung telah dan akan terus memfasilitasi penambahan jumlah penghulu, terbukti beberapa waktu yang lalu dimana kantor wilayah telah mengangkat 39 penghulu melalui jalur inpassing TMT 1 April 2021,” tambah Juanda.

Diakhir sambutannya Kakanwil mengucapkan selamat kepada pengurus APRI Kabupaten Lampung Selatan periode 2021-2025 yang baru saja dikukuhkan.

“Saya ucapkan selamat kepada 27 pengurus cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Lampung Selatan periode 2021-2025 dibawah kepemimpinan saudara Zainuddin yang baru saja dikukuhkan, selamat mengemban dan menjalankan amanat dengan penuh tanggung jawab dan profesional, dan mampu menguatkan peran organisasi untuk meningkatkan kemampuan profesionalitas jabatan fungsional,  penghulu merupakan ujung tombak Kementerian Agama ditengah masyarakat, semoga dapat mensosialisasikan tupoksi dan program unggulan kemenag baik tingkat wilayah maupun pusat kepada masyarakat.”Pungkasnya. (Melawati Basyar/Jemi/Rizki).

Berita Terkait