Kasi PHU Kemenag Tubaba Hadiri Sosialisasi KMA Nomor 660 Tahun 2021 Tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji

11 Juni 2021, 13:56 WIB

Tubaba (Humas) -- Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, Efrizon, S.Ag., M.H., hadiri Sosialisasi KMA Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji Tahun 1442 H / 2021 M, Jum'at 11 Juni 2021, Bertempat di Wisma Haji Lungsir Teluk Betung. Acara tersebut dihadiri oleh Kabid PHU Kantor Wilayah dan Kasi PHU Kemenag Kab/Kota.

Kepala Kantor Wilayah Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H., membuka acara tersebut dan mengucapkan terimakasih kepada Kepala Bidang PHU, Drs. H.M. Ansori, M. Kom. I., yang telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan ini dalam rangka menyatukan langkah dan gerak dalam upaya mitigasi pasca terbitnya KMA Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/ 2021 M. Selanjutnya Juanda Naim menegaskan pernyataan Bapak Menteri Agama (Yaqut Cholil Qoumas) telah memastikan bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia tahun 1442 H/ 2021 M, keputusan ini diambil setelah melakukan kajian yang mendalam dengan melibatkan sejumlah pemangku kepentingan diantaranya, Komisi VIII DPR RI, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Ormas Islam dan lembaga terkait lainnya.

Juanda Naim juga menyampaikan bahwa Pembatalan keberangkatan tahun ini disebabkan pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Arab Saudi dan Indonesia yang belum berakhir. Faktor kesehatan, keselamatan dan keamanan jemaah haji selama berada di Embarkasi dan Debarkasi, di perjalanan dan di Arab Saudi lebih utama dan harus dikedepankan karena pemeritah bertanggungjawab untuk menjaga dan melindungi Warga Negara Indonesia baik di dalam negeri maupun di luar negeri melalui upaya penanggulangan pandemic Covid-19.

Dipenghujung sambutan, Juanda Naim meminta Kabid PHU agar menyampaikan secara detail KMA Nomor 660 Tahun 2021 ini agar dapat dijadikan pedoman dalam memberikan pelayanan haji kepada masyarakat. (Bm/Anggithya).

Berita Terkait