Kakanwil Membuka Diklat Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara

14 Juni 2021, 17:22 WIB

Lampung, Kanwil Kemenag (Humas) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim Membuka Diklat Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, bertempat di Aula Hotel Nusantara Syariah Bandar Lampung, Senin (14/06).

Kegiatan di hadiri Widya Iswara Balai Diklat Keagamaan Palembang, Kasubag TU, Kasi Pendidikan Madrasah dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, Ketua Pokjawas serta Kepala Madarasah Negeri se Kabupaten Lampung Utara.

Mengawali sambutannya kakanwil menyatakan apresiasi yang tinggi dan menyambut baik atas terselenggaranya Diklat Kepala Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara.

”Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan kualitas pendidikan madrasah khususnya di Provinsi Lampung,” ujar Juanda.

Kakanwil lebih lanjut menjelaskan bahwa kepala madrasah juga di tuntut untuk memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan madrasah demi terwujudnya madrasah yang berkarakter, unggul dan berkualitas sehingga siap berkompetisi dengan sekolah-sekolah yang lain.

“Selain itu kepala madrasah di tuntut untuk mampu mengembangkan madrasah yang dikelolanya serta peka terhadap perkembangan dunia pendidikan saat ini, hal ini perlu dilakukan karena kepala madrasah mempunyai peran penting dalam kemajuan sebuah lembaga pendidikan yang bernama madrasah,” terangnya.

Lebih lanjut Juanda menjelaskan bahwa kepala madrasah agar dalam mengelola satuan pendidikan diisyaratkan menguasai ketrampilan dan kompetensi tertentu yang dapat mendukung pelaksanaan tugasnya.

”Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi tersebut dengan cara mengikuti diklat karena  tujuan dilaksanakan diklat tersebut dalam rangka meningkatkan kompetensi kepala madrasah melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat),” tambahnya.

Kakanwil juga menjelaskan bahwa keberhasilan manajemen dalam mencapai tujuan pendidikan madrasah sangat ditentukan oleh keberhasilan seorang manajer yaitu kepala madrasah dalam mengelola tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di madrasah.

”Keberhasilan manajemen dalam mencapai tujuan pendidikan madrasah sangat ditentukan oleh keberhasilan seorang manajer yaitu kepala madrasah dalam mengelola tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di madrasah, kepala madrasah adalah salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja sumber daya manusia khususnya kinerja guru,” pungkas Juanda.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara Totong Sunardi menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung atas terselenggaranya kegiatan Diklat tersebut.

”Saya selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak kakanwil yang telah menyempatkan waktu bisa hadir di acara ini serta  telah memberikan arahan dan motivasi kepada kita semua untuk dijadikan bekal kita dalam membangun dan mengembangkan madrasah di Provinsi Lampung khususnya dilingkungan Kementerian Agama Lampung Utara,” ujarnya.

Lebih lanjut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara menjelaskan bahwa Diklat tersebut diselenggarakan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan  nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan Guru sebagai Kepala sekolah/madrasah  bahwa calon kepala sekolah/madrasah harus lulus pelatihan calon kepala sekolah/madrasah sedangkan kepala madrasah yang sedang menjabat dan belum memiliki surat tanda tamat pelatihan kamad wajib mengikuti kegiatan penguatan kepala Madrasah halini juga sejalan dengan Keputusan Menteri Agama No 24 Tahun 2018  tentang kepala Madrasah  dalam pasal 6  butir I di sebutkan bahhwa seorang kamad yang akan di angkat di utamakan yang memiliki sertifikat kepala madrasah. (Melawati Basyar/Rizki/Riko).

 

 

 

 

Berita Terkait