Kelas Unggulan MTsN 1 Lamsel Programkan Tahsin Al-Qur’an Untuk Para Pengajar

14 Juni 2021, 21:29 WIB

Kalianda, MTsN 1 Lampung Selatan (Humas) – Program kelas Unggulan MTsN 1 Lampung Selatan mengadakan kegiatan pelatihan Tahsin bagi para pengajar program kelas Unggul. Hal ini sebagai salah satu bentuk persiapan menyambut tahun ajaran baru yang bertepatan pada bulan depan. Hadir dalam pembukaan pelatihan hari ini, Kepala Madrasah, Abdurahman yang didampingi Wakil Kepala Bidang Humas, Nursiah, S.Pd dan Ust. Cahyadi selaku narasumber pada kegiatan tersebut. (14/06)

Menurut Direktur Program Kelas Unggul, Munawar menyatakan bahwa kegiatan pelatihan Tahsin Al-Qur’an adalah upaya meningkatkan dan melatih tim pengajar kelas Unggul untuk meningkatkan kemampuannya dalam membaca al-Qur’an. Hal tersebut memiliki alasan yang tepat yakni untuk menyambut tahun ajaran baru dan calon siswa kelas Unggulan yang nantinya selain pengajar harus memberikan kemampuan mengajarnya namun juga untuk membimbing siswa baru agar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

“Pelatihan hari ini menjadi sebuah atensi bagi pengajar di Kelas Unggul agar bukan hanya memberikan pembelajaran formal, namun membantu membimbing siswa untuk mengerti baca Al-Qur’an secara baik dan benar menurut hukumnya. Lagi, khususnya bagi siswa baru tahun ini, pengajar di Kelas Unggul diproyeksi akan membimbing 10-15 siswa dalam melatih mengaji, jadi akan lebih efektif jika ini dilaksanakan dan dipersiapkan agar nantinya siswa dapat belajar mengaji dengan baik dan tepat,” ungkap Munawar.

“Selanjutnya, pelatihan ini dimaksudkan bukan berarti Para Pengajar Kelas Unggul tidak mumpuni dalam membaca Al-Qur’an, namun lebih untuk hal muhasabah dan mengingatkan diri sendiri agar memiliki motivasi untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada siswa nantiya,” imbuhnya.

Lalu, Ust. Cahyadi dalam penyampaianya pada pelatihan hari ini memberikan materi tentang makhorijul huruf dan juga tajwid. Menariknya, penyampaian materi mengenai cara keluar huruf hijaiyah melalui mulut tersebut dipraktikan satu per satu peserta dan didampingi langsung narasumber, sehingga dapat mendapatkan sebuah koreksi dan masukkan jika ada kesalahan mendasar pada materi tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Madrasah menyatakan bahwa kegiatan Tahsin adalah ciri khas Madrasah. Kesempatan bagi para guru Unggul memulai lebih awal sebagai percontohan. Dan Kamad optimis program ini pun dapat ditularkan pada seluruh Guru MTsN 1 Lampung Selatan.

“Dalam benak masyarakat guru Madrasah fasih dalam mengaji dan hal itu tidak dapat dipungkiri. Sehingga, kegiatan penunjang guru di luar tanggung jawabnya dalam mengajar harus digalakan. Misalnya pada hari ini, pastinya akan memiliki dampak besar bagi para siswa kelas jika selurug guru Madrasah meluangkan waktunya untuk memperkaya hafalan surat-surat Al-Qur’an dan juga rajin membaca Al-Qur’an,” kata Rahman. (Rian)

 

 

Berita Terkait