Jelang Hari Raya Iduladha Tahun 1442 H/2021 M, Inilah Himbauan Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung

20 Juli 2021, 05:53 WIB

Lampung (Humas) – Iduladha atau Hari Raya Kurban 1442 H tepat jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 nanti. Saat hari raya yang jatuh pada 10 Zulhijah ini, umat Islam biasanya melaksanakan Salat Idul Adha hingga penyembelihan hewan kurban yang akan dibagikan kepada warga.

Namun, kegiatan tersebut akan membuat kerumunan sehingga dinilai cukup rawan karena berpotensi terjadinya penularan dan penyebaran pandemi.

Oleh karena itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, memberikan himbauan kepada umat Islam di seluruh Provinsi Lampung. Inilah Himbauan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung dalam rangka menyambut hari raya Iduladha Tahun 1442 H/2021 M.

Assalamu’alaikum Wr. Wb..

Tabik Pun ….

Kaum muslimin dan muslimat di Provinsi Lampung yang berbahagia..

Puji syukur kita haturkan kehadirat Allah Swt.. Berkat rahmat, taufik, dan hidayah-Nya, kita sebentar lagi akan bersama-sama merayakan hari raya Iduladha Tahun 1442 H/2021 M. Iduladha yang tentunya dinanti-nantikan akan menjadi hari yang spesial bagi umat muslim di seluruh dunia.

Tetapi perayaan Iduladha tahun ini, masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang semakin meningkat termasuk di Provinsi Lampung, dimana di beberapa daerah sudah diberlakukan PPKM Darurat maka dalam merayakan Idul Adha hendaknya kita harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat khususnya bagi mereka yang berada pada zona orange dan merah serta semua peribadatan yang masuk dalam zona tersebut dihimbau untuk dilaksanakan di rumah masing-masing sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia.

Oleh sebab itu, Saya selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung menghimbau umat muslim di Provinsi Lampung dalam merayakan Idul Adha agar senantiasa mematuhi Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 dan 17 tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M.

Hal ini dimaksudkan sebagai panduan bagi pihak-pihak terkait dalam melakukan pembatasan kegiatan dan penerapan protokol kesehatan secara ketat pada penyelenggaraan malam takbiran, salat Idul Adha, dan pelaksanaan qurban Tahun 1442 H/2021 M dan bertujuan untuk melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan ini, saya mengajak masyarakat di Provinsi Lampung untuk senantiasa mengikuti anjuran pemerintah dengan menerapkan 5 M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan memakai masker, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Selain itu, saya juga mengajak untuk kita semua berdoa dari rumah agar pandangi ini dapat segera berlalu dan hilang dari muka bumi.

Stay at home..

Pray From Home..

Semangat Indonesia tumbuh, Indonesia tangguh.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Pidato dan himbauan ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, Senin (19/7) di Ruang Kerjanya.(Anggithya/Rizky Mubarak/Abdul Aziz)

Berita Terkait