Buka Sosialisasi KMA No.660 Tahun 2021 di Kabupaten Mesuji, Ini Arahan Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung

15 September 2021, 08:00 WIB

Lampung (Humas) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, mengapresiasi atas pelaksanaan Sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M ditengah-tengah pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan 5 M ditambah dengan 1 D yaitu Doa. Untuk itu diharapkan calon jemaah haji Provinsi Lampung, khususnya Kabupaten Mesuji, untuk terus berusaha menjaga diri agar tidak terpapar Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan di berbagai aktivitas keseharian kita.

Hal ini disampaikan Orang Nomor Satu di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung pada saat memberikan sambutan dan arahan kegiatan Sosialisasi KMA Nomor 660 Tahun 2021 di Kabupaten Mesuji, Selasa (14/9) di Aula Hotel D'pilda di Simpang Pematang Kabupaten Mesuji.

"Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini agar masyarakat dapat mengetahui serta memahami secara utuh keputusan pembatalan pemberangkatan haji tahun ini, sehingga masyarakat memiliki pemahaman yang sama serta dapat saling menguatkan satu sama lainnya dan yakinlah dibalik keputusan pembatalan pemberangkatan ini ada hikmahnya bagi kita semua”, jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, keluarnya Keputusan Menteri Agama tentang pembatalan pemberangkatan jemaah haji tahun ini sudah melalui kajian dan pertimbangan yang komprehensif dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada.

Ada beberapa pertimbangan yang menjadi dasar pembatalan pemberangkatan Tahun 2021 diantaranya perlindungan, wabah penyakit, hukum islam, dan teknis penyelenggaraan.

“Keputusan ini diambil demi mengutamakan keamanan dan menjaga kesehatan serta keselamatan para jemaah haji. Pasalnya hingga saat ini pandemi Covid -19 tak kunjung berakhir”, ungkapnya.

Kakanwil mengajak kepada seluruh CJH Kabupaten Mesuji untuk ikhlas dan sabar serta menerima dengan lapang dada terkait dengan keputusan pembatalan keberangkatan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M serta tidak mempercayai berita hoaks terkait pembatalan keberangkatan jemaah haji.

Sementara itu, Juanda juga menambahkan bahwa jemaah haji yang batal berangkat tahun 2020 dan tahun 2021 otomatis menjadi prioritas berangkat haji pada tahun 2022.

“Saya harap kepada CJH Kabupaten Mesuji untuk tetap sabar dan ikhlas menerima keputusan ini. karena pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan KMA 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Haji Tahun 2021 tanggal 3 Juni 2021 semata-mata diperuntukan demi keselamatan dan kesehatan seluruh jemaah haji. Yakinlah ada hikmah besar yang masih Allah Swt. rahasiakan yang indah pada saatnya untuk kita semua dan khususnya untuk bapak dan ibu Jemaah Haji sekalian,” tukasnya.

Selaku Kepala Kanwil Provinsi Lampung, Juanda juga mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya para calon jemaah haji di Kabupaten Mesuji. Yang tertunda keberangkatannya tahun ini, untuk menggunakan kesempatan dan situasi ini lebih memperkuat dan memperkokoh kembali persiapan–persiapan pemberangkatan untuk tahun yang akan datang.

“Mari kita berdoa agar pandemi ini segera usai sehingga tahun depan haji dapat diberangkatkan,” harap Juanda.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mesuji, Drs. H. Karwito, M.M, mengucapkan terimakasih kepada seluruh jamaah yang telah mengikuti kegiatan Sosialisasi ini dan berharap jama’ah bisa menyimak dengan seksama penjelasan dari Kanwil Kemenang Provinsi Lampung dan narasumber lainnya yang berasal dari Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Lampung.

Ia juga menambahkan bahwa dengan dibatalkannya keberangkatan jemaah haji tahun ini. Akan dapat menambah pengetahuan supaya jemaah haji di Kabupaten Mesuji melaksanakan ibadah nantinya di Arab Saudi tahun berikutnya, betul-betul melaksankan ibadah secara maksimal baik dari sisi lahir maupun Batin.

"Oleh karena itu, saya meminta kepada CJH Kabupaten Mesuji untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi KMA ini dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan informasi tentang Pembatalan Pemberangkatan Keberangkatan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M dengan benar," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemda Kabupaten Mesuji, Kepala Bidang dan Kepala Seksi PHU Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Kepala Subbagian Umum dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Pejabat di Lingkungan Kemenag Kabupaten Mesuji dan diikuti oleh Calon Jemaah Haji (CJH), Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Kabupaten Mesuji.(Anggithya/Antonius Jemi/Saryono/Abdul Azis)

Berita Terkait