PTM Madrasah Diizinkan, Kakanwil Kemenag Lampung Ajak Protokol Kesehatan Jadi Fokus Utama

15 September 2021, 09:58 WIB

Lampung (Humas) -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, mengajak kepada seluruh keluarga besar Madrasah di Lingkungan Kanwil, khususnya Kabupaten Mesuji, tetap melaksanakan dan menerapkan protokol kesehatan baik menjaga jarak, memakai masker, dan menyediakan handsanitizer maupun tempat cuci tangan.

Hal ini disampaikan Kakanwil Kemenag Lampung saat diwawancarai tim humas usai memberikan Pembinaan ASN Kemenag Kabupaten Mesuji, Selasa (14/9).

"Hal ini dalam rangka supaya ketika peserta didik selesai melaksanakan pendidikan di madrasah pada besoknya tetap sehat sehingga Pembelajaran Tatap Muka (PTM) akan terus berlangsung meskipun dilaksanakan secara terbatas," ujarnya.

Lebih lanjut Kakanwil Kemenag Lampung juga berpesan kepada seluruh jajaran madrasah ketika anak-anak melaksanakan pertemuan tatap muka dengan porsi terbatas, tetap diawasi anak-anak tidak terjadinya kerumunan saat pulang sekolah.

"Saya mengajak Kepala Madrasah, Tenaga pengajar, staf tata usaha, maupun keluarga besar tidak hanya fokus pada kedatangan maupun sistem pembelajaran peserta didiknya saja tetapi saat pulang sekolah. Saya memahami bahwasanya peserta didik ada rasa rindu dan kangen terhadap teman-temannya, madrasahnya, dewan gurunya. Tetapi hal ini dilaksanakan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dan menimbulkan cluster baru di madrasah ," tutur Kakanwil.

"Semua tidak akan berhasil dengan baik tanpa adanya koordinasi, komunikasi, dan saling sinergitas satu sama lainnya, khususnya komunikasi dengan para wali murid atau orang tua," imbuhnya.

"Dengan adanya komunikasi, koordinasi, dan sinergitas serta kedisiplinan protokol kesehatan kita semua, semoga kedepannya pembelajaran tatap muka ini semakin ditingkatkan baik jam pelajaran maupun porsinya, terutama anak-anak bisa menimbulkan semangat atau motivasi untuk kembali belajar," tandasnya.

"Saya juga mengajak kepada kita semua untuk berdoa agar pandemi Covid-19 di Indonesia, khusus Provinsi Lampung, segera berakhir agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing dan Protokol Kesehatan jadi prioritas utama dalam menjalankan aktivitas," harapan Juanda saat mengakhiri perbincangan.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Mesuji, Drs. H. Karwito, M.M, menyampaikan pihaknya memberlakukan protokol kesehatan ketat bagi siswa dan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang hadir ke madrasah dengan melakukan pengukuran suhu tubuh dan wajib cuci tangan sebelum memasuki area madrasah serta memakai masker.

“Kabupaten Mesuji telah berada di level dua sehingga dalam PTM ini dilaksanakan dengan secara terbatas," tukas Karwito.

Berbagi persiapan telah dilakukan seluruh madrasah di Kabupaten Mesuji untuk pelaksanaan PTM terbatas pada tahun pelajaran 2021/2022 diantaranya dengan pembentukan Satgas Covid di satuan pendidikan dengan melibatkan orang tua siswa dan masyarakat sekitar, menyediakan fasilitas cuci tangan mencukupi, toilet bersih berfungsi dengan baik, memastikan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan sudah melakukan vaksinasi, dan juga mempersiapkan fasiltas penunjang lainnya.(Anggithya/Saryono/Abdul Azis)

Berita Terkait