Ka. Kankemenag Tubaba Hadiri Rakerda VII LPTQ Tulang Bawang Barat

15 September 2021, 11:05 WIB

Tubaba (Humas) -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. M. Isa, S. Ag., M. Pd. I., di dampingi Kasubbag TU dan para Kepala Seksi (Kasi) menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) VII Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Tulang Bawang Barat, Rabu (15/09), bertempat di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).

Dalam laporannya, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Nurkholis Majid S.IP., M. M., mengatakan bahwa kegiatan Rakerda tersebut mempunyai tujuan yaitu Pertama, Meningkatkan peran organisasi LPTQ dalam membangun masyarakat dan meningkatkan Syiar Islam. Kedua, Menyiapkan program kerja berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

Ketiga, Melakukan pembinaaan, penghayatan, pemahaman generasi muslim yang Qur’ani. Keempat, sebagai forum silaturahmi dan konsulidasi untuk melangkah mewujudkan program yang lebih maksimal. Kelima, Melaksanakan persiapan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang akan menghasilkan Kafilah terbaik dan mewakili MTQ Provinsi.

Selanjutnya Nurkholis Majid menyampaikan Rakerda tersebut berlangsung selama 1 hari, dengan jumlah peserta 33 orang yang terdiri dari Camat 9 Orang, KUA 9 orang, Pengurus LPTQ Kabupaten 15 Orang.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Tulang Bawang Barat, Novriwan Jaya, S. P., dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa LPTQ mempunyai tugas pokok sebagai lembaga pengembangan Al Quran. Pada pokoknya LPTQ mempunyai tugas yang sangat penting dalam membina generasi atau masyarakat dalam membaca, memahami, dan mengamalkan Al Quran.

Oleh karenanya, Novriwan Jaya sangat mengharapkan pentingnya pembinaan terhadap sumber daya generasi yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat seoptimal mungkin sehingga tercapai tujuan dalam mengamalkan Al Quran.

Sebagai mana di ketahui, LPTQ dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 1977 dan Nomor 151 Tahun 1977 tentang Pembentukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran yang kemudian di singkat LPTQ. (Nf/Bm/Anggithya)

Berita Terkait