Kakankemenag Serahkan Hadiah Juara KSM Tingkat Kabupaten Pringsewu Tahun 2021

15 September 2021, 11:56 WIB

Kemenag, Pringsewu (Humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu H. Ahmad Rifa’i menyerahkan piala berserta piagam kepada 33 siswa/siswi yang mendapatkan juara 1, 2 dan 3, pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Pringsewu Tahun 2021 di Aula Kantor Kemenag setempat, Selasa (14/09/21).

Turut mendampingi Kakankemenag dalam penyerahan hadiah ini yaitu Kepala Seksi Pendidikan Islam M. Rizza Apriano, Pengawas Madrasah dan juga dihadiri oleh Kepala madrasah atau guru pembimbing beserta Siswa/siswi pemenang KSM Tingkat  Kabupaten Pringsewu.

Kakankemenag Pringsewu Ahmad Rifa’i mengatakan bahwa Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Kompetisi ini sangat penting bagi madrasah, terlebih untuk menunjukkan eksistensinya dalam bidang sains, Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al Qur’an.

Selain itu, Soal-soal sains dalam KSM juga menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik.

Kakankemenag juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Semoga dengan kompetisi ini akan melahirkan suatu perkembangan dimana di dalamnya madrasah memiliki eksistensi bukan sekedar lebih dalam pendidikan agama, namun bisa melahirkan sains-sains yang ada di lingkungan madrasah dan mampu memberikan spirit dan aspirasi pada kita semua terlebih dalam perkembangan madrasah.

"Semoga semua peserta yang akan melanjutkan kompetisi ke tingkat Provinsi Lampung nantinya dapat mengharumkan nama Kabupaten Pringsewu dan bisa maju ke ajang KSM tingkat Nasional,”harapnya. (Imron/Anggithya)

Berita Terkait