Jaring Peserta MQK, Kemenag Pesawaran Adakan Seleksi

15 September 2021, 21:28 WIB

Pesawaran (Humas)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, Wasril Purnawan, didampingi Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKI), Helmi, membuka secara resmi Seleksi Musabawah Qira’atil Kutub (MQK) Tingkat Kabupaten Pesawaran di Ruang Rapat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, Rabu, 15 September 2021.

Dalam acara MQK ini dihadiri pula oleh Dewan Juri Khairuddin, S.Pd.I, Para Penyelenggara dan Panitia dalam acara seleksi MQK Tingkat Kabupaten Pesawaran. Peserta yang turut hadir dalam acara MQK Tingkat Kabupaten Pesawaran ini terdiri dari 10 orang, yakni utusan dari beberapa Pondok Pesantren yang berada di Kabupaten Pesawaran di antaranya Pondok Pesantren Minhadlul Ulum terdiri dari 2 Peserta, Pondok Pesantren Al-Hidayat Gerning terdiri dari 4 Peserta, Pondok Pesantren Riyadhul Mubtadi’in yang terdiri dari 4 Peserta, berikut di dampingi pula masing-masing 1 orang Pendamping dari pondok pesantren jadi berjumlah 13 orang yang hadir dalam seleksi MQK Tingkat Kabupaten ini.

Kepala Seksi PAPKI Helmi mengatakan, “Pertama, Acara MQK ini berdasarkan Juknis Kantor wilayah Kemenag Provinsi Lampung tentang Lomba MQK Tingkat Provinsi dan Kedua, Instruksi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pesawaran untuk melaksanakan seleksi MQK Tingkat Kabupaten Pesawaran, lalu pada seleksi MQK hari ini hasil akan langsung di Rekap dan langsung di laporkan ke Kepala Kantor Kemenag Pesawaran untuk segera diketahui hasilnya, peserta yang berhasil lolos nantinya akan lebih lagi pembinaannya menurut bidang ilmu yang dimilikinya masing-masing” Jelasnya.

Lebih lanjut Wasril menuturkan bahwa acara MQK ini meneruskan tradisi keilmuan dan warisan ilmu agar lebih memahami kitab-kitab kuning khususnya di pondok pesantrennya masing-masing, semakin terasa ilmu, kemampuan, dan pengetahuan kita membaca kitab-kitab kuning yang terdiri dari kitab Fathul Qorib dan kitab Ibnu Aqil akan semakin memahami ilmu yang didapat, didalam seleksi ini pula akan dipilih peserta untuk dijadikan kafilah di Tingkat Provinsi Lampung. Akan tetapi yang belum terpilih jangan berkecil hati masih ada kesempatan terus memperbaiki bacaan-bacaannya dan khususnya untuk peserta yang belum berhasil MQK Tingkat Kabupaten tetap mendapatkan apresiasi yang berbentuk Piagam Penghargaan MQK Tingkat Kabupaten Pesawaran dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran”, ujarnya. 

“Pelaksanaan Seleksi MQK Tingkat Kabupaten Pesawaran Tahun 2021 diharapkan dapat menjaring peserta kafilah yang terbaik dan mampu bersaing nantinya mewakili Kabupaten Pesawaran dalam mengikuti seleksi MQK Tingkat Provinsi Lampung agar memacu semangat para santri lainnya untuk terus memperdalam kitab kuning baik di bidang Fiqih, Nahwu, dan Tafsir” Tutup Wasril. (Novi/Sinta)

Berita Terkait