Kakanwil Tinjau Pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021 di MAN 1 Bandar Lampung

20 September 2021, 19:29 WIB

Lampung, Kanwil Kemenag (Humas) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim meninjau pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021 yang diikuti 461 siswa, dipusatkan di MAN 1 Bandar Lampung dengan mengusung tema Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Mandiri dan Berprestasi.

“Alhamdulilah Kanwil Kemenag Provinsi Lampung beserta jajaran Kemenag Kota Bandar Lampung hari ini bisa melakukan monitoring pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Lampung yang berasal dari perwakilan siswa Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung,” ungkap Kakanwil saat meninjau persiapan pelaksanaan KSM di MAN 1 Bandar Lampung, Kamis (20/09).

“Atas nama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung saya sangat mengapresiasi dan menyambut  baik persiapan teman-teman sekalian baik dari jajaran Kementerian Agama maupun operator masing-masing, setelah kami melihat langsung persiapan pelaksanaan KSM, saya optimis kegiatan ini akan sukses,” tambahnya.

Saat meninjau Kakanwil turut didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Johan Yusuf, Kasi pada Bidang Pendidikan Madrasah, Abdul Basid, Rika Irasanti serta Umi Choiranie, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Bandar Lampung Said Karimin, Kepala MAN 1 Bandar Lampung Lukman Hakim serta Kepala MTsN 1 Bandar Lampung M. Iqbal serta panitia pelaksana KSM.

Kakanwil berharap dengan adanya persiapan yang maksimal dan kerjasama yang baik antara jajaran panitia di seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021 akan berjalan lancar dan sukses.

“Ada 15 Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan Kasi Pendidikan Madrasah se Provinsi Lampung yang akan memberikan sumbagsih yang sangat bermanfaat untuk pengetahuan khususnya bagi siswa madrasah, yang saat ini siap mengikuti ajang KSM tingkat Provinsi Lampung, saya harap dapat memberikan warna dan semoga hasil dari KSM Provinsi ini dapat bersaing di kancah nasional serta pada saatnya nanti dapat mengharumkan nama Provinsi Lampung,” tegas Juanda.

KSM tingkat Provinsi Lampung diawasi langsung melalui aplikasi pengawas dan live streaming zoom meeting oleh Komite Provinsi.

“Insya Allah kompetisi ini berlangsung transparan menggunakan aplikasi yang terintegrasi dan diawasi melalui aplikasi pengawas dan live streaming zoom meeting oleh komite provinsi dan tentunya dengan motivasi dan dorongan kita bersama kita akan memberikan yang terbaik bagi Provinsi Lampung dan kita tunjukan bahwa madrasah mandiri dan berprestasi itu hadir di Provinsi Lampung,” imbuhnya.

Juanda juga memberikan dukungan kepada jajaran pendidikan madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung.

“Semangat untuk jajaran kemenag baik kasi pendidikan madrasah dan seluruh jajaran satuan pendidikan Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung,  insya Allah kita niatkan ilmu pengetahuan yang kita miliki untuk anak didik kita dengan demikian ilmu yang kita ajarkan akan memberikan manfaat dan untuk meningkatkan iman kita di sisi Allah SWT,” pungkas Juanda.

Sementera itu Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung Johan Yusuf menjelaskan bahwa pelaksanaan KSM tingkat Provinsi Lampung berlangsung selama dua hari tanggal 19-20 September 2021 dilaksanakan di masing-masing kabupaten/kota dan dipusatkan di MAN 1 Bandar Lampung.

“Hari ini senin, pelaksanaan hari pertama oleh seluruh peserta KSM tingkat MA dan hari kedua dilaksanakan untuk tingkat MTs dan MI dengan jumlah peserta keseluruhan 476 siswa dengan rincian Tingkat MA : 251 siswa, tingkat MtsN : 135 siswa dan tingkat MI 90 siswa, alhamdulilah terpantau berjalan sukses dan lancar,” jelas Johan.

Johan juga menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukan jajarannya untuk KSM tingkat Provinsi Lampung diawali dengan mengikuti rapat nasional terkait KSM di Jakarta.

“Alhamdulilah, persiapan sudah sangat matang di mulai dari rapat nasional di Jakarta beberapa waktu yang lalu mulai dari satuan pendidikan dan juga tingkat kab/kota, sesuai arahan dari bapak kakanwil untuk lebih baik dari tahun ketahun agar tercapai madrasah mandiri dan berprestasi, semua ini berkat support dan dukungan dari kakanwil  yang selalu mengingatkan kami, tentunya siswa madrasah dan pendidikan umum yang berprestasi dan terbaik akan kita kirim ke ajang nasional,” imbuhnya.

Johan juga mengucapkan terimakasih kepada Kakanwil dan seluruh jajaran pendidikan, baik guru di satuan pendidikan, kepala madrasah seluruh kasi pendidikan madrasah pada kanwil maupun kabupaten/kota, seluruh pokjawas serta operator.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran satuan pendidikan di bawah satu komando bapak kakanwil untuk memajukan pendidikan di indonesia khususnya di provinsi lampung, insya Allah kita akan menyumbangkan siswa kita di ajang nasional, terimakasih atas motivasi dan bimbingannya kepada bapak kakanwil kepada saya dan rekan-rekan untuk meraih madrasah mandiri dan berprestasi,” pungkasnya. (Melawati Basyar/A.Jemi/Riko).

Berita Terkait