Sambut Hari Santri, Udin Hadiri Launching Peringatan Hari Santri Tahun 2021 Secara Virtual

21 September 2021, 12:32 WIB

Lampung Timur, MTsN 1 (Humas)- Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas membuka kegiatan launching peringatan hari santri 2021, Selasa (21/09) di auditorium HM Rasjidi Gedung Kementerian Agama Ri, Jl MH Thamrin 6 Jakarta. Dalam kesempatan ini, Kepala MTsN 1 Lampung Timur Udin, S.Ag., M.Pd.I ikut menghadiri kegiatan tersebut secara virtual di ruang Kepala MTsN 1 Lampung.

Hari Santri merupakan sebuah hari untuk memperingati peran besar kiai dan santri dalam perjuangannya melawan penjajah, yang bertepatan dengan resolusi jihad dari KH. Hasyim, yakni pada 22 Oktober. Hari Santri Nasional dituangkan ke dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani di Masjid Istiqlal, Jakarta. Dengan begitu, masyarakat bisa kembali mengingat perjuangan dan meneladankan semangat jihad para santri yang digelorakan para ulama.

Yaqut mengatakan, bahwa Indonesia tidak akan pernah merdeka jika tidak ada santri, resolusi jihad adalah komando kepada para santri bertempur melawan penjajah, sehingga wajar jika santri mendapatkan tempat khusus dari negara, mulai dari penetapan hari santri hingga yang terakhir Perpres 82 tahun 2021 yang menetapkan dana abadi pesantren.

"Peringatan hari santri tahun 2021 ini temanya Santri siaga jiwa raga, tema santri siaga jiwa raga ini adalah bentuk sikap santri Indonesia agar santri senantiasa siap siaga membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan perdamaian dunia" Tutur Yaqut ditengah sambutannya. (Tyas/Fadilah)

Berita Terkait