Kakankemenag Lampung Utara Ikuti Webinar Pendantangan MoU Kemenag dan Perpusnas RI

23 September 2021, 15:51 WIB

Lampung Utara, Kankemenag (Humas). Kamis, 23 September 2021. Kamis Pagi, Pukul : 09.00 WIB, bertempat di ruang kerjanya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (Drs. H. Totong Sunardi, MM) mengikuti Webinar Penandatangann MoU Kementerian Agama dan Perpustakaan Nasional dan Launching Portal Web Perpustakaan Keagamaan dan Talkshow Literasi Digital Dalam Moderisasi Beragama Menuju Indonesia Unggul. Kamis, 23 September 2021.

Peserta dalam Webinar tersebut diikuti oleh  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama se-Indonesia, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Indonesia, Pengawas Madrasah, serta Kepala Madrasah Negeri/Swasta se-Indonesia.

Webinar Lintas Agama Dalam Rangka HUT RI Ke-76 Tahun 2021 diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI yang bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI. 

Dalam sambutannya pada Webinar tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI  (Muhammad Ali Ramdhani) menyampaikan bahwa ruang kesepakatan bersama  merupakan program kerjasama antara Kementerian Agama RI dan Perpustakaan Nasional RI yang nantikan akan meluncurkan pembuatan kartu anggota perpustakaan bagi tenaga pendidik, pendidik, siswa serta seluruh pegawai kementerian agama  dan ini jumlahnya Unlimited.

Lanjut Dirjen Pendis Kemenag RI, hal yang tak kalah penting yaitu menyediakan 500.000 (Lima Ratus Ribu) referensi digital secara gratis, dan selanjutnya akan dilakukan pembinaan dan pelatihan literasi yang dilaksanakan secara berkala baik secara online maupun offline dan untuk itulah yang kemudian akan diciptakan duta-duta melalui proses pelatihan

“Ini akan menjadi duta literasi bagi masyarakat, karena literasi adalah pangkal dari sebuah proses pencarian sesuatu kebeneran”. Ucap Direjn Pendis Kemenag RI

Sementara Kepala Perpustakaan Nasional RI (Muhammad Syarif Bando) mengatakan bahwa Perpustakaan Nasional telah membuat portal untuk seluruh pemuka agama, kami informasikan nantinya konten pembelajaran agama untuk masing-masing agama akan diisi oleh pemeluknya.

“Tentu saja seperti yang disampaikan oleh Dirjen Pendis, tugas kami ada 4, mencerdaskan anak bangsa, mensejahterakan anak bangsa, dan memastikan NKRI tidak terganggu dan memastikan menguatkan kualitas SDM”. Ucap Muhammad Syarif Bando

Menteri Agama RI (Yaqut Cholil Qoumas) dalam sambutannya menyampaikan kerjasama antara Kementerian Agama dan Perpustakaan Nasional ini, merupakan hal yang luar biasa. MoU ini merupakan titik awal kita untuk melakukan kerjasama yang lebih panjang dan luas,

“Saya berharap tidak berhenti di MoU ini, hal yang terpenting dari MoU adalah bagaimana MoU ini kita laksanakan.” Ucap Menteri Agama RI. (Rd/Sry).

Berita Terkait