Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Lampung Hadiri Malam Penutupan STQH Tingkat Nasional XXVI Tahun 2021

23 Oktober 2021, 11:18 WIB

Maluku Utara, Kemenag Lampung (Humas) --- Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Marwansyah menghadiri malam penutupan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) Tingkat Nasional XXVI Tahun 2021 di Kota Sofifi Provinsi Maluku Utara. Sabtu (23/10).

Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) Tingkat Nasional XXVI tadi malam resmi ditutup oleh Wakil Menteri Agama Zainud Tauhid Saadi.

"Al Quran adalah sumber pengetahuan dan peradaban yang mencerahkan setiap generasi serta titik pangkal peradaban Islam," ucap Wakil Menteri Agama dalam penutupan STQH Tingkat Nasional XXVI.

Wamen menambahkan bahwa betapa banyaknya persoalan yang mendera bangsa ini akan dapat diatasi bersama dengan keberkahan Al Quran.

"Sejalan dengan ajaran Al Quran Umat Islam bertanggung jawab menebar kebaikan dan kedamaian kepada siapa pun dan dimana pun," tambahnya.

Sementara itu Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamarudin Amin menyampaikan tentang peran strategis STQH dalam mendekatkan masyarakat dengan Al Quran dan meningkatkan pemahaman akan isinya.

"STQH diharapkan semakin mendorong gairah dunia pendidikan Islam, Al Quran dan hadist di tanah air sehingga lahir penghafal Al Quran dan hadist," jelasnya.

Sementara itu juru bicara official kafilah asal Provinsi Lampung Sofyan Hadi dalam laporannya menyampaikan bahwa Provinsi Lampung telah selesai mengikuti semua cabang dalam STQH Nasional yakni empat cabang dan 10 golongan.

“Cabang tersebut yaitu tilawah terdiri dari golongan dewasa putra putri dan anak-anak putra putri, kemudian Cabang Tahfidz ada lima golongan yaitu tahfidz 1 juz, 5 juz, 10 juz dan 30 juz masing-masing putra putri. Cabang Tafsir bahasa Arab putra putri dan cabang Hadist terdiri dari dua golongan 100 hadist pakai sanad dan 500 hadist tanpa sanad putra putri,” jelasnya.

Sofyan kembali menjelaskan dari semua cabang yang diperlombakan tersebut peserta asal Provinsi Lampung atas nama Iley Naqi Suqya Ghiba berhasil meraih juara ketiga golongan 1 Juza dan Az-Zulfa Arifia Ayatul Husna golongan tilawah anak putri berhasil meraih sepuluh besar.

“Perlu kita apresiasi bersama progress ini, mengingat begitu beratnya kompetisi pada semua cabang yang diperlombakan, dan tentunya kepada semua peserta asal lampung yang belum berhasil tetap semangat dan kami ucapkan terimakasih atas segala kontribusinya, masih ada kesempatan di masa yanga akan datang, mari tetap semangat dan optimis,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung dihadapan seluruh peserta dan official menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas kontribusinya dalam perhelatan akbar tahunan ini.

“Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung sangat mengapresiasi atas dan mengucapkan terima kasih kerja keras semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu, baik kepada pemenang yang telah mengharumkan nama Provinsi Lampung maupun kepada semua peserta yang kemenangannya masih tertunda, kami yakin semua sudah berusaha menampilkan yang terbaik, tentunya kita akan berusaha lebih baik lagi di masa yang akan datang,” ungkapnya memberikan motivasi..

Perlu diketahui, pada perhelatan STQH Tingkat Nasional Tahun 2021 tampil sebagai juara umum DKI Jakarta, peringkat kedua Jawa Timur, peringkat ketiga Sumatera Utara, peringkat keempat Banten, peringkat kelima Riau dan Bangka Belitung dan Peringkat ke-6 Jawa Tengah.

Selanjutnya, pada hari ini, sabtu (23/10) Kabag Tata Usaha serta seluruh official dan peserta menghadiri undangan jamuan sarapan pagi oleh ketua perhimpunan masyarakat Lampung di Maluku Utara, Kompol Zainal Abidin di Rumah Makan Al hikmah Ternate dan dilanjutkan perjalanan laut, darat dan udara untuk bertolak kembali ke Lampung. (Indri Hapandi/Melawati Basyar).

 

 

Berita Terkait