“M2TQM Merupakan Salah Satu Ajang Pencarian Bibit Qori-Qoriah Di Madrasah”, Ucap Kakankemenag Saat Membuka M2TQM di MAN 1 Lampung Utara

25 Oktober 2021, 14:18 WIB

Lampung Utara, Kankemenag (Humas). Senin, 25 Oktober 2021.  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (Drs. H. Totong Sunardi, MM) hari ini, Senin, 25 Oktober 2021 secara resmi membuka kegiatan Musabaqoh Tahfidz dan Tilawah Al-Qur’an Madrasah (MT2QM) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Lampung Utara. Senin, 25 Oktober 2021.

Saat membuka kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (Drs. H. Totong Sunardi, MM) menyampaikan bahwasannya M2TQM ini juga merupakan ajang pencarian bibit Qori-Qoriah, dan Tahfidz-Tahfidzoh di Madrasah.

“Kegiatan M2TQM ini,sepenuhnya harus kita dukung dan support, ajang ini bukan hanya sebagai kompetisi saja antar madrasah, tetapi kegiatan ini juga merupakan ajang pencarian bibit-bibit Qori-Qoriah dan Tahfidz” Ucap Totong

Lanjut Totong, kegiatan seperti haruslah diapresiasi, karena pada dasarnya Madrasah merupakan salah satu tempatnya bagi peserta didik untuk menuntun ilmu Agama,

“Di Madrasah bukan hanya ilmu akademik saja yang diajarkan, tetapi juga mempelajari ilmu agama juga” Ujar Totong

Program M2TQM ini merupakan suatu program yang dicanangkan oleh Bapak Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung. Dengan harapan para peserta didik dapat lebih mencintai dan mempelajari Al-Quran yang merupakan tuntunan hidup umat muslim di dunia dan mengaplikasikan ilmu-ilmu Al-Quran di kehidupan sehari-hari.

Sementara itu Kepala MAN 1 Lampung Utara (Masir Ibrahim, S.Pd..,M.Pd.) dalam laporannya menyampaikan, dalam kegiatan M2TQM KKM MAN 1 Lampung Utara, diikuti oleh kurng lebih 51 (lima puluh satu) peserta dari 12 KKM Madrasah.

Tambah Masir, dalam ajang kegiatan M2TQM ini terdapat 3 (tiga) cabang yang akan dilombakan, yang pertama : Cabang Tilawah Putra-Putri, Tahfidz Putra-Putri dan Tahfidz 5 Juz Putra dan Putri. Kegiatan ini akan dilangsung selama satu hari dengan menghadirkan  para dewan juri yang telah ahli di bidangnya.

Mashir mengharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, dapat timbul bibit-bibit Qori-Qoriah dan Tahfidz-Tahfidzoh dari Madrasah yang nantinya dapat mewakili Kabupaten dalam ajang –ajang di Tingkat Provinsi bahkan sampai Tingkat Nasional.

Mashir menambahkan, Pelaksanaan M2TQM ini merupakan mendukung Program dari Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung. Serta  sebagai ajang evaluasi bagi peserta didik dan tenaga pendidik. (Rd/Fadilah).

Berita Terkait