Satukan Persepsi, Visi dan MISI, Kemenag Way Kanan Adakan FGD Kelembagaan KUA

25 Oktober 2021, 14:31 WIB

Way Kanan (Kemenag) – Untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik dan profesional sesuai dengan tuntunan dan ketentuan yang telah dirumuskan dan diatur sesuai dengan regulasi yang ada, Pada hari senin  tanggal 25 Oktober 2021 bertempat di Hotel Grand Sinar Syariah, Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Way Kanan menyelenggarakan  Focus Group Discussion (FGD) Kelembagaan Kantor Urusan agama (KUA).  

Focus Group Discussion ini dihadiri Jajaran Kepala Kantor Kementerian Agama, Kasubag Tata Usaha, Kasi, Kagara, ketua Pokjaluh dan Seluruh Kepala KUA Kecamatan Sekabupaten Way Kanan.

Dalam laporannnya, Kasi Bimas Islam H. Ali Sholihin, S.Pd.I menyampaikan dasar pelaksanaan  FGD Kelembagaan KUA ini adalah Peraturan Menteri Agama Nomor 34 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama, dan Peraturan Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2019 tentang Pencatatan Pernikahan, dengan maksud dan tujuan untuk dapat tersosialisasikannya kebijakan dan program Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Way Kanan secara baik, menampung masukan, aspirasi dan harapan kedepan mengenai lembaga KUA, tersampaikannya peran, tugas, dan fungsi KUA kecamatan kepada masyarakat secara maksimal serta terlaksananya Binwin Catin 2021.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama H. Helmi, S.Ag., S.Pd., M.M, menyampaikan bahwa saat ini isu terhangat adalah mengenai Ibadah Umroh, dimana pada Tanggal 8 Oktober 2021 Kerajaan Arab Saudi mulai membuka pintu bagi Jamaah asal Indonesia. Diharapkan agar Kepala KUA dapat memberikan informasi dan mengedukasi kepada masyarakat umum.

Helmi meminta kepada seluruh Kepala KUA untuk dapat membuat perencanaan, pembukuan dan laporan pertanggungjawaban yang tertib sehingga apapun bentuk kegiatan dan anggaran ketika diminta laporan pertanggungjawaban semua data tersebut dapat dipenuhi.

Selanjutnya mengenai Bimbingan Perkawinan (BINWIN) agar segera berkoordinasi dengan Kasi Bimas untuk segera dijadwalkan, jangan menunggu-nunggu akhir tahun baru dilaksanakn atau kegiatan dilakukan secara mendadak, karena hal yang sifatnya terburu-buru atau mendadak tentu hasilnya tidak maksimal, jangan suka menunda-nunda pekerjaaan ucapnya.

Helmi  berpesan agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kegiatan Focus Group Discussion  ini, semoga dapat menghasilkan gagasan dan ide-ide cemerlang demi kemajuan kelembagaan Kantor Urusan Agama, seraya mengakhiri sambutannya, dan dilanjutkan dengan membuka secara resmi FGD Kelembagaan KUA Kabupaten Way Kanan.(Hadoko/Anggithya)

Berita Terkait