PENGARUSUTAMAAN MODERASI BERAGAMA DAN WAWASAN KEBANGSAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TANGGAMUS

26 Oktober 2021, 01:20 WIB

Kemenag Tanggamus – (Humas) Kantor kementerian Agama Kabupaten Tanggamus, khususnya Bimbingan Masyarakat Islam mengadakan Pengarusutamaan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus. Pada tanggal 25 Oktober 2021. bertempat di Aula Serumpun Padi Gisting, Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 orang peserta Penyuluh Agama baik PNS maupun Non PNS Se-Kabupaten Tanggamus.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus Dr. H. Mahmuddin Aris Rayusman, M.Pd.I didamping Kasubbag TU H. Junaidi Sirad, S.Pd.I., M.M beserta para Kepala Seksi serta Penyelenggara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tanggamus Yunardi, S.H., M.H. Kepala MUI Kabupaten Tanggamus KH. A.Wahid Zamas,B.A., Dosen IAIN Dr. Safari Daud., S.Sos.I, M.Sos. Sementara dari Pelaksana acara turut hadir KASI BIMAS Saiful Arfan S.Ag., M.Pd.I.

Dalam laporannya, Saiful Arfan menyampaikan bahwa kegiatan pengarusutamaan ini bertujuan untuk menyatukan presepsi tentang pola pembinaan umat dan pranata lembaga agama dan mengembangkan moderasi beragama dan wawasan kebangsaan, serta melalui peran penyuluh agama islam PNS dan Non PNS dapat memberikan pandangan kepada umat islam tentang moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk.

Dasar hukum kegiatan ini adalah undang-undang nomor 39 tahun 1999 tentang hak azasi manusia nomor 165 tahun 1999. Tambahan lembar Negeri RI nomor 3886. Peraturan Menteri Agama nomor 18 tahun 2020 tentang “rencana strategis Kementerian Agama tahun 2020-2024”.

Sementara itu Aris Rayusman dalam sambutannya sebelum membuka acara, menghimbau dan mendorong agar kawan-kawan penyuluh agama benar-benar bekerja, dan lakukan kebaikan jika kesempatan itu ada, lakukan untuk masyarakat, Kementerian dan kabupaten Tanggamus.

Aris Rayusman juga mengingatkan para Penyuluh Agama baik PNS maupun Non PNS yang hadir, harus bekerja dengan baik dan selalu utamakan budaya tepat waktu untuk dapat menjadikan Kabupaten Tanggamus itu teladan waktu.

Menanggapi Aris Rayusman, Junaidi Sirad mengucapkan terimakasih atas motivasi yang diberikan gunanya membangun kepada Penyuluh Agama agar dapat bersinergi demi kemajuan bersama dalam menggapai tujuan bersama pula.(franes/Anggithya)

Berita Terkait