Berikan Pengarahan Kepada PPIH Kloter, Puji Raharjo: Saya Ingin Kita Ngademin dan Ngayemin Jamaah

14 Mei 2022, 09:15 WIB

Lampung, Kanwil Kemenag (Humas) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo didampingi Subkoordinator Bina Haji Reguler Bidang PHU Akhor Wiwid Sudiono memberikan pengarahan kepada 16 PPIH Kloter (8 ketua kloter 8 pembimbing ibadah) Provinsi Lampung tahun 2022 pada Kegiatan Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Haji Tahun 1443 H/2022 M. Giat tersebut dipusatkan di Aula Sai Batin Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung. Jumat (13/05).

“Saudara yang terpilih dan berkumpul diruangan ini hari adalah orang-orang pilihan, saudara terpilih berdasarkan aturan dan kriteria, semua ini berdasarkan aturan formal tidak ada pilih kasih, murni berdasarkan perangkingan,” ujar Kakanwil saat mengawali pengarahan dihadapan petugas.

Puji Raharjo menjelaskan beberapa hal terkait pelayanan ibadah haji yang harus dipedomani oleh seluruh petugas.

“Saudara semua akan menjadi wajah/duta bagi Kementerian Agama, kepuasan jamaah haji di kloter masing-masing salah satunya penilaiannya dari pelayanan yang saudara berikan, oleh sebab itu saya berharap kita semua dapat melaksanakan tugas ini secara maksimal, bagaimana kita menjadi pelayan yang baik bagi jamaah haji provinsi lampung,” tambahnya.

Puji berharap petugas bisa mengayomi seluruh jamaah yang ada di kloter masing-masing, karena ada beberapa petugas yang tidak berasal dari daerah yang sama dengan jamaah.

“Jangan sampai ada jamaah yang merasa tidak mempunyai induk, jangan sampai antara petugas kloter dan jamaah tidak connect atau merasa bukan bagian dari kelompok tersebut karena saudara ditugaskan menjadi petugas PPIH kloter, sehingga semua yang ada di dalam kloter tersebut menjadi tugas saudara,” pesannya.

Kakanwil juga mengingatkan petugas terkait akan ada survey kepuasan pelayanan dari jamaah haji yang salah satu indikatornya dari pelayanan petugas.

“Mungkin nanti tuntutan jamaah banyak sekali kepada petugas yang terkadang tidak ada kaitannya dengan tugas saudara sekalian, tetapi tetaplah disikapi dengan menjadi pelayan yang ramah jangan sampai menimbulkan ketidakpuasan dari para jamaah, karena akan berkaitan dengan wajah Kementerian Agama, apa yang kita buat harus semaksimal mungkin karena indeks pelayanan kita menjadi taruhan ASN Kemenag,” pesan Puji.

Kakanwil juga mengingatkan petugas terkait moderasi beragama yang hendaknya diedukasi kepada jamaah kloternya masing- masing.

“Pada Saat pelaksanaan ibadah haji nanti kita akan berhadapan dengan bermacam-macam paham dan prilaku dari berbagai negara, ini harus disampaikan bijak kepada para jamaah bahwa agama memang memberikan ruang untuk perbedaan, jangan sampai petugas mempertajam perbedaan tersebut, saya ingin kita ngademin dan ngayemin jamaah, bukan untuk memperuncing masalah tersebut, dan akhirnya saya ucapkan kepada petugas semoga dapat bertugas sebaik-baiknya dan pulang bersama jamaah dengan selamat,” pungkasnya. (Mela Basyar/Rizki/Riko).

Berita Terkait