Sebanyak 3.068 CJH Provinsi Lampung Sudah Lakukan Konfirmasi atau Pembayaran Pelunasan Bipih Tahun 1443 H/2022 M

14 Mei 2022, 15:56 WIB

Lampung (Humas) ---- Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. M. Ansori, M.Kom.I, mengatakan bahwa Sebanyak 3.068 jamaah haji Provinsi Lampung Tahun 1443 H/2022 M telah melakukan konfirmasi atau melakukan pembayaran pelunasan biaya haji ke bank tempat mereka mendaftar maupun ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat.

“Alhamdulillah… Hingga saat ini sudah tercatat 3.068 jemaah haji asal Provinsi Lampung yang telah melakukan konfirmasi pelunasan maupun pembayaran pelunasan Bipih Tahun 1443 H/2022 M. Rekapitulasi ini bersifat sementara dan angkanya akan terus bertambah dikarenakan jadwal konfirmasi pelunasan atau pembayaran pelunasan masih akan terus berlangsung hingga 20 Mei 2022 mendatang,” kata Ansori saat dikonfirmasi Humas, Sabtu (14/5) via telefon.

Ansori mengungkapka bahwa Data yang diperoleh tersebut berdasarkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung pada hari Jum’at, 13 Mei 2022 Pukul 17.53 WIB.

Adapun rinciannya terdiri dari Kota Bandar Lampung sebanyak 731 jemaah haji, Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 216 jemaah haji, Kabupaten Lampung Utara sebanyak 193 jemaah haji, Kabupaten Lampung Barat sebanyak 193 jemaah haji, Kabupaten Tanggamus sebanyak 132 jemaah haji, Kabupaten Tulang Bawang sebanyak 116 jemaah haji, Kabupaten Lampung Tengah sebanyak 524 jemaah haji, Kabupaten Way Kanan sebanyak 84 jemaah haji, Kabupaten Lampung Timur sebanyak 305 jemaah haji, Kota Metro sebanyak 212 jemaah haji, Kabupaten Pesawaran sebanyak 65 jemaah haji, Kabupaten Pringsewu sebanyak 108 jemaah haji, Kabupaten Tulang Bawang Barat sebanyak 97 jemaah haji, Kabupaten Mesuji sebanyak 50 jemaah haji, dan Kabupaten Pesisir Barat sebanyak 42 jemaah haji.

Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Lampung juga menyatakan, pelunasan biaya ibadah haji pada tahun 1443 H/2022 M sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sistem pelunasannya, biaya dan waktu pelaksanaannya. Pelunasan biaya haji atau biaya perjalanan ibadah haji (BiPiH) tahun 2022 hanya dilaksanakan dalam satu tahap.

"Pelunasan biaya ibadah haji tahun 2022 mulai dari kemarin hingga 20 Mei 2022, satu tahap ini saja," ujarnya.
Dia mengatakan, jemaah haji Provinsi Lampung saat ini yang melakukan pelunasan terbagi menjadi dua, yakni yang sudah melunasi biaya haji dan yang sudah melunasi namun memilih untuk mengambil kembali dananya. Pengambilan dana ini sesuai dengan KMA Nomor 660 Tahun 2021 yang terbit ketika Pemerintah Saudi mengumumkan tidak menerima jamaah dari luar negeri akibat pandemi.

“Kedua jamaah ini lantas diminta untuk melakukan konfirmasi ke bank tempat mereka menyetorkan dana hajinya. Mereka tinggal datang dan mengonfirmasikan diri. Di sisi lain, Kemenag juga membuka kesempatan bagi jamaah haji untuk melakukan pelunasan bagi jamaah yang sempat mengambil dananya. Rentang waktu yang diberikan sama, hingga tanggal 20 Mei,” ucapnya.

Lebih lanjut Ansori mengungkapkan bahwa Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 405 Tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia Tahun Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi, Provinsi Lampung masuk ke dalam Embarkasi Jakarta (Pondok Gede). Oleh karena itu, Biaya Bipih tahun ini sebesar Rp. 39.886.009,00.

"Pada tahun ini, bagi jamaah haji yang tidak mengambil dana pelunasannya maka jamaah haji tidak lagi membayar satu rupiah pun, cukup hanya melaporkan diri ke BPS tempat menyetor uang semula dan dengan memperlihatkan lembar bukti setoran lunas BiPiH tahun 2020," jelasnya.

Selanjutnya petugas bank melakukan konfirmasi ke dalam sistem aplikasi maka jamaah sudah bisa mendapatkan bukti setoran lunas tahun 2022 sebagai bukti kalau yang bersangkutan akan berangkat pada tahun ini.

Semua biaya perjalanan ini diambilkan dari nilai manfaat tabungan jamaah haji yang selama ini dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

"Demikian juga halnya untuk persyaratan pelunasan tahun ini pun demikian, jemaah haji cukup memperlihatkan lembar bukti setoran lunas Bipih Tahun 2020 atau setoran awal atau Surat Pendaftaran Haji (SPH),” ujarnya.

“Bagi jemaah yang mengambil kembali setoran lunas Bipih tahun 1441H/2020, pelunasan untuk Haji 2022 dilakukan pada Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih tempat setoran awal. Besaran pelunasan dihitung dari selisih Bipih tahun 1443 H/2022 M” imbuhnya.

“Dari 3.842 total jemaah haji Provinsi Lampung yang berhak melunasi Bipih Tahun 1443 H/2022 M, baik jemaah haji non cadangan maupun cadangan, baru 3.068 jemaah yang sudah melakukan konfirmasi pelunasan atau pembayaran pelunasan. Ada sekitar 774 calon jemaah haji yang belum lunas,” sambungnya.

“Oleh karena itu, Saya berharap kepada calon jemaah haji Provinsi Lampung yang belum melakukan konfirmasi atau pembayaran pelunasan untuk segera melakukannya dengan tiga cara yaitu menggunakan teller, non teller (ATM, internet banking, dan mobile banking pada BPS Bipih yang memiliki fasilitas non teller), dan pelunasan langsung tanpa tatap muka dimana calon jemaah haji menggunakan sistem mengirim surat kuasa/permohonan pelunasan melalui surat, whatsapp atau email ke BPS Bipih untuk mendebet rekening BPKH sebesar Bipih Provinsi Lampung,” pesan Ansori.(Anggithya/Okta Kusuma Jatha/Abdul Aziz)

Berita Terkait