Kabid PHU Kanwil Kemenag Lampung : Ingin Ketahui Jemaah Haji Berangkat Tahun 2022, Berikut Caranya.. !

14 Mei 2022, 15:32 WIB

Lampung (Humas) --- Jelang penyelenggaraan ibadah haji maka Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia telah menetapkan dan merilis daftar nama calon jemaah haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Tahun 1443 H/2022 M.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. M. Ansori, M.Kom.I, mengatakan bahwa Jemaah haji, khususnya Provinsi Lampung, kini bisa mengecek sendiri keberangkatannya, apakah bisa berangkat di tahun 2022 atau masuk daftar tunggu.

Adapun cara cek nomor porsi haji untuk keberangkatan haji 2022 bisa dilakukan melalui link https://haji.kemenag.go.id/v4/. Kemudian lihat bagian bawah page ada pengumuman Berhak Lunas Haji Reguler Tahun 1443 H/2022 M. Tekan Klik di sini pada pengumuman tersebut. Informasi calon jemaah haji 2022 dikelompokkan per provinsi.

Lebih lanjut Kabid PHU Kanwil Kemenag Lampung menjelaskan bahwa pengecekan perkiraan keberangkatan dapat dilakukan dengan cek nomor porsi haji Anda. Nomor porsi haji tersebut tertera dalam bukti setoran awal yang anda dapatkan saat mendaftar haji di bank.

Bukti setoran awal tersebut merupakan bukti anda telah terdaftar sebagai peserta calon haji. Nomor porsi haji terdiri dari 10 digit dan nomor porsi yang tertera di bukti setoran awal di bank. Jadi, setelah calon jemaah haji melakukan pembayaran setoran awal haji sebesar 25 juta ke BPS (bank), calon jemaah haji akan mendapatkan bukti setoran awal BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang mencantumkan nomor porsi haji.

“Buka laman https://haji.kemenag.go.id/v4/. Scroll ke bawah hingga menemukan kolom Perkiraan Keberangkatan. Di kolom NOMOR PORSI, silahkan masukan nomor porsi dan tekan tombol CARI. Dengan mendapat nomor porsi berarti Anda adalah jamaah haji kuota Depag Resmi (Haji non-kuota tidak ada nomor porsi),” ungkap Ansori.

“Jika Bapak dan Ibu tidak bisa melihat estimasi pemberangkatan calon haji, bisa jadi situs Kementerian Agama sedang dalam maintenance server atau server sedang overload. Calon Jemaah Haji Provinsi Lampung bisa melakukan cek porsi haji, nanti atau keesokan harinya. Atau bisa juga mendatangi Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat. Sedangkan calon jamaah haji plus, mintalah bantuan travel haji plus tempat mendaftar,” lanjutnya.

Dia menjelaskan bahwa Tahun 2022, Berdasarkan KMA Nomor 405 Tahun 2022 total kuota Provinsi Lampung yang akan berangkat ke Tanah Suci di tengah melandainya pandemi Covid-19 sebanyak 3.219 orang calon jemaah haji yang terdiri dari 3.198 jemaah haji regular, 16 orang petugas haji daerah (PHD) dan terdapat juga lima orang Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

“Kuota 1443 H/2022 M diperuntukkan bagi jemaah yang telah melunasi biaya Perjalanan Ibadah Haji 1441 H/2020 M, dan berusia paling tinggi 65 tahun per tanggal 8 Juli 2022 sesuai dengan urutan nomor porsi,” ujar Ansori.

Ansori menyampaikan, jemaah haji yang telah melunasi biaya haji namun tidak masuk alokasi kuota dan/atau menunda keberangkatan pada tahun ini akan diprioritaskan menjadi jemaah haji pada penyelenggaraan tahun depan.(Anggithya/Abdul Aziz/Saryono)

Berita Terkait